• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Maret 2023

Matraman

RMINU Ponorogo Gelar Futsal Santri Piala Kapolres 2022

RMINU Ponorogo Gelar Futsal Santri Piala Kapolres 2022
Pembukaan Futsal Santri Piala Kapolres 2022 yang digelar RMINU dan Polres Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)
Pembukaan Futsal Santri Piala Kapolres 2022 yang digelar RMINU dan Polres Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)

Ponorogo, NU Online Jatim
Pembukaan Futsal Santri Piala Kapolres 2022 yang dipusatkan di Gelanggang Olahraga Singodimedjo Ponorogo pada Selasa (08/11/2022) berlangsung meriah. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) dan Kepolisian Resor (Polres) Ponorogo dalam rangka peringatan Hari Santri 2022 dan Hari Pahlawan.


Ketua Pengurus Cabang (PC) RMINU Ponorogo, Muhammad Nabil Hasbullah mengatakan, sedikitnya ada 27 tim futsal perwakilan dari 26 pondok pesantren di Ponorogo yang mengikuti kompetisi tersebut.


"Futsal dipilih karena masing-masing santri kan bisa nendang," kata pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Ponorogo itu.


Gus Nabil mengungkapkan, hal penting dari kompetisi futsal tersebut adalah peningkatan kualitas santri, baik secara ukhuwah ma'ahadiyah atau lainnya. Menurutnya, ada faktor penting pada momen gelaran ajang tersebut, yaitu merekatkan santri dengan aparat kepolisian.


"Kan sekarang ini kesannya kayak sangat jauh, sebenarnya kan ngga. Mereka (polisi) ada disekitar kita. Bahkan, santri juga bisa jadi Polisi atau TNI," ujarnya.


Sementara itu, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Haryo Kusbiantoro selaku Kapolsek Kota Ponorogo menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kapolres Ponorogo Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Catur Cahyono Wibowo dalam momen tersebut karena suatu hal yang tidak dapat ditinggalkan.


Dirinya menyebutkan, sesuai pesan Kapolres, bahwa kompetisi tersebut bertujuan untuk menjaring atlet futsal dari kalangan santri. Sebab, potensi santri dalam olahraga futsal diakui juga cukup besar.


"Dari hal itu nanti para santri dapat mengharumkan nama pesantren secara khusus, dan Ponorogo secara umum. Karena olahraga futsal saat sudah masuk di berbagai event kejuaraan, semisal PON, Asian Games, Sea Games dan lainnya,” tandasnya.


Diketahui, kompetisi tersebut resmi dibuka dengan tandangan perdana ke gawang yang diakukan perwakilan pihak kepolisian. Usai pembukaan, dilangsungkan pertandingan eksebisi antara tim Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ponorogo kontra tim RMINU Ponorogo.


Matraman Terbaru