• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Matraman

Sambut Ramadhan, LAZISNU Nganjuk Bakal Adakan Megengan Bareng Yatim

Sambut Ramadhan, LAZISNU Nganjuk Bakal Adakan Megengan Bareng Yatim
Flyer 'Megengan bareng Yabila' oleh LAZISNU Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Flyer 'Megengan bareng Yabila' oleh LAZISNU Nganjuk. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) bakal mengadakan ‘Megengan’ bareng Yabila atau Yatim Binaan LAZISNU. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Ahad (27/03/2022) mendatang di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Baron, Nganjuk.


“Ini ittiba’ kepada Rasulullah SAW yang juga mengekspresikan kegembiraannya kepada para sahabat perihal kedatangan bulan suci Ramadhan,” terang Ketua NU Care-LAZISNU Nganjuk, Moch Masyhuri kepada NU Online Jatim, Ahad (20/03/2022).


Disampaikan Kang Huri, sapaan akrabnya, megengan berasal dari kata ‘megeng’ yang bermakna menahan. Sehingga megengan memiliki definisi dan filosofi untuk menahan segala hal yang dapat menjerumuskan keimanan, termasuk membatalkan ibadah puasa.


Dijelaskan, bahwa dalam tradisi megengan terdapat satu makanan yang tidak boleh ketinggalan, yaitu kue apem. Kue apem sendiri diyakini berasal dari kata Bahasa Arab yaitu afwan, yang berarti ampunan atau maaf. Apem menjadi simbol untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat.


“Bukan hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan perasaan dan emosi atau hawa nafsu,” sambung mantan aktivis PMII tersebut.


Adapun teknis pelaksanaannya, lanjut Kang Huri, yakni mengundang puluhan anak yatim binaan untuk tahlil, berdoa dan makan bersama. Setelah acara selesai, anak yatim tersebut akan mendapatkan paket santunan berupa uang tunai dan paket sembako.


“Kami berharap melalui kegiatan ini syiar Islam semakin tersebar, serta dapat meningkatkan kembali kualitas keimanan kita kepada Allah SWT,” tuturnya.


NU Care-LAZISNU membuka donasi Rp300 ribu per paket bagi warga yang ingin terlibat dalam megengan ini. Donasi dapat langsung diserahkan ke Kantor Pengurus Cabang NU Care-LAZISNU Nganjuk, di Jalan Suproyadi nomor 24 selatan Alun-Alun Kabupaten Nganjuk.
 


Warga yang hendak berdonasi juga dapat melakukan transfer ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) nomor 7141169135 atau (BRI) 0056-01-017903-53-7 atas nama LAZISNU Nganjuk, dan melakukan konfirmasi melalui WA 0852-5971-4774.


Matraman Terbaru