• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Bahas P4GN, Banaar Kota Mojokerto Audiensi dengan BNN

Bahas P4GN, Banaar Kota Mojokerto Audiensi dengan BNN
Suasana audiensi PC Baanar Kota Mojokerto dengan Suharsi, Kepala BNN Kota Mojokerto. (Foto: NOJ/Indra Nurdien Hakim).
Suasana audiensi PC Baanar Kota Mojokerto dengan Suharsi, Kepala BNN Kota Mojokerto. (Foto: NOJ/Indra Nurdien Hakim).

Mojokerto, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Badan Ansor Anti Narkoba (Banaar) Kota Mojokerto melakukan audiensi Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat. Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Anti Narkoba Internasional pada 26 Juni 2021 ditemui Kepala BNN Kota Mojokerto, Suharsi. Acara terpusat di Kantor BNN setempat, Jl. Surodinawan No. 9 Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Jum'at (25/06/2021).

 

Kepala Banaar Kota Mojokerto, Lukman Sugiharto Wijaya mengatakan, dalam audiensi tersebut dibahas seputar sinergitas Banaar dengan instansi pemerintah terkait dengan tugas pokok dan fungsi dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kota Mojokerto.

 

"Selain itu, audiensi ini dalam rangka silaturahim sekaligus memperkenalkan pengurus Banaar Kota Mojokerto", ujar Lukman kepada NU Online Jatim. 

 

Lukman menjelaskan, serangkaian acara audiensi ini dilakukan dengan metode sharing pengalaman BNN Kota Mojokerto selama ini dalam menangani pencegahan dan pemberantasan Narkoba di Kota Mojokerto. 

 

Kemudian, dilanjutkan sesi diskusi dengan yang menghasilkan beberapa kesepakatan. Di antaranya sinergi dan kolaborasi dalam pemahaman dan keilmuan tentang Narkotika dan bahaya laten bagi yang menyalahgunakannya.

 

"Akhirnya, BNN dan BANAAR Kota Mojokerto melakukan langkah konkrit dan berkelanjutan serta berkesinambungan secara bersama-sama dalam upaya P4GN di Kota Mojokerto. Hal ini sebagai wujud ikhtiar para masyayikh yang diamanahkan kepada Banaar agar maksimal dalam mengamankan dan membentengi generasi muda dari bahaya narkoba," jelas Lukman.

 

Pihaknya pun berharap, hubungan Banaar dan BNN ke depan semakin baik, serta dapat melakukan sinergi dalam menangani pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

 

“Kami berharap agar hubungan Banaar Kota Mojokerto dengan BNN Kota Mojokerto terjalin dengan baik. Utamanya dalam menangani pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba,” ujar pria yang juga advokat dan konsultan hukum ini.

 

Tidak hanya itu, pria kelahiran Mojokerto tersebut juga berpesan kepada masyarakat umum, khususnya para pelajar, agar memilah dalam bergaul dan menjaga pergaulannya agar tidak mudah terjerumus ke hal yang tidak baik.

 

“Serta, terus memperkuat imun dengan olahraga dan makanan yang sehat, dan mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada. Mengingat, wabah pandemi yang mengalami peningkatan,” pungkasnya.

 

 

Berikut ini hasil audiensi PC Baanar Kota Mojokerto dengan BNN Kota Mojokerto:

1. Melakukan MoU antara Baanar dengan BNN Kota Mojokerto tentang komitmen dan kerjasama dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba di Kota Mojokerto.

 

2. BNN Kota Mojokerto siap untuk memberikan keilmuan dan pemahaman kepada para pengurus Baanar Kota Mojokerto dan Nahdliyin untuk diarahkan menjadi pelopor dan pengawal program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), sehingga dapat menekan laju penyalahgunaan narkoba. 

 

3. Berkoordinasi secara terpadu dan berkelanjutan dalam mengawal kegiatan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kota Mojokerto.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru