• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Metropolis

Siswa SMK Hasan Jufri Bawean Ikuti Diklat Pelayaran di Surabaya

Siswa SMK Hasan Jufri Bawean Ikuti Diklat Pelayaran di Surabaya
Diklat Pelayaran oleh Poltekpel Surabaya yang diikuti siswa SMK Hasan Jufri Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Diklat Pelayaran oleh Poltekpel Surabaya yang diikuti siswa SMK Hasan Jufri Bawean. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hasan Jufri Bawean mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM). Kegiatan yang digelar oleh Politeknik Pelayaran Surabaya secara gratis itu dilaksanakan pada 06-21 September 2022.


Kepala SMK Hasan Jufri Bawean Aidil Faiz mengatakan, sebelumnya SMK Hasan Jufri Bawean ini telah menjalin MoU dengan pihak Politeknik Pelayaran Surabaya untuk sertifikasi kepelautan siswa. Sehingga siswa bisa magang dan bekerja di kapal setelah mendapatkan beberapa sertifikat melaut.


"Dalam diklat ini, siswa akan mendapatkan 3 sertifikat sekaligus secara gratis total. Sementara waktu pelaksanaan diklat ini ditentukan oleh pihak Poltekpel Surabaya," katanya.


Tiga Sertifikat yang dimaksud, pertama yaitu Sertifikat Basic Safety Training (BST). Diklat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pada semua pelaut terkait keselamatan. Selanjutnya, Sertifikat Advance Fire Fighting (AFF), yang mengajarkan siswa tentang prosedur memadamkan kebakaran di atas kapal serta mengetahui jenis-jenis alat pemadam kebakaran.


“Terakhir, Security Awareness Training (SAT). Yakni, siswa atau peserta diklat diharapkan memiliki kesadaran keamanan dan membekali pengetahuan anggota mengenai perlindungan aset fisik dan informasi organisasi,” jelasnya.


Faiz menyampaikan, SMK Hasan Jufri sudah dua kali memberangkatkan siswa untuk ikut diklat tersebut. Tahun lalu mengirim sebanyak 15 siswa dan tahun ini sebanyak 10 siswa.


"Harapan kami kegiatan diklat pelayaran gratis kerja sama Poltekpel Surabaya ini bisa menyalurkan siswa pada dunia usaha dan dunia industri sesuai dengan tujuan utama sekolah menengah kejuruan," tandasnya.


Metropolis Terbaru