• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Nusiana

Cerita Gus Dur yang Bikin Jokowi dan Iriana Tertawa

Cerita Gus Dur yang Bikin Jokowi dan Iriana Tertawa
Gus Dur dan Jokowi. Foto: Istimewa
Gus Dur dan Jokowi. Foto: Istimewa

KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Presiden Keempat Republik Indonesia (RI) banyak menyisakan kisah yang membuat orang tidak kuat menahan tawa. Termasuk Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi yang juga harus tertawa karena cerita Gus Dur.


Kisah ini disampaikan Mahfud MD Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam). Ia menceritakan, saat berlangsung gala dinner pada KTT ASEAN di Phnom Penh Kamboja, Sabtu (12/11/2022) malam dirinya duduk satu meja dengan Menteri dari Filipina, Maria Zenaida.


“Menteri Zenaida bilang kagum pada Pak Jokowi karena sangat populer. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Filipina. Di mana-mana kalau ada Pak Jokowi, rakyat histeris berebutan meneriakkkan namanya,” kata Mahfud melalui akun instagramnya.


“Zenaida juga bilang, enak berbicara dengan Pak Jokowi karena selalu murah senyum dan tertawa gembira. Soal senyum dan tertawanya Presiden ini semua orang sudah tahu. Tapi tak banyak yang tahu, apakah kalau mendengar cerita lucu Pak Jokowi juga tertawa karena geli? Untuk tahu itu, tadi saya bercerita kepada Pak Jokowi,” lanjutnya.


Mahfud lantas mengungapkan saat dirinya menceritakan kegelisahan dalam benaknya kepada Jokowi.


“Pak, tadi saya deg-degan saat Bapak akan menerima tongkat keketuaan ASEAN tahun 2023. Mengapa? tanya Pak Jokowi,” cerita Mahfud.


“Dulu waktu Presiden Gus Dur akan melantik Chaeruddin Ismail sebagai Kapolri untuk menggantikan Bimantoro, ada insiden. Pak Bimantoro yang harus menyerahkan jabatan Kapolri tidak hadir,” ungkapnya.


Menurut Mahfud, ketidakhadiran Bimantoro dilaporkan protokol istana ke Gus Dur. "Bapak Presiden, tongkat yang akan dialihkan tidak ada, Pak Bimantoro tak hadir," kata Mahfud menirukan cerita protokol Istana.


“Gus Dur kontan menjawab, begitu saja kok repot. Soal tongkat, beli saja di Pasar Senen,” dan pelantikan Kapolri dilanjutkan,” papar Mahfud.


Mendengar cerita Gus Dur ini, Jokowi dan Iriana tak bisa menahan tawa. “Pak Jokowi dan Bu Iriana tertawa,” tandas Mahfud.


Editor:

Nusiana Terbaru