• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Pendidikan

Kontingen UIN Malang Ikuti Wawasan Digital Marketing di PWK PTK se-Indonesia

Kontingen UIN Malang Ikuti Wawasan Digital Marketing di PWK PTK se-Indonesia
Wawasan digital marketing. (Foto: NOJ/humas)
Wawasan digital marketing. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

A Miftachul Ulum dan Santri Kharisma, perwakilan dari kontingen Pramuka UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, mengikuti materi Wawasan Digital Marketing yang diadakan oleh PWN PTK. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula FITK Kampus II IAIN Gorontalo mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WITA. Materi tersebut disampaikan oleh Iswan Febriyanti, seorang founder Klikdigital, dan diikuti oleh sekitar 70 peserta. Kamis (25/5/2023).


Dalam materi tersebut, Iswan Febriyanto menyampaikan bahwa kesempatan tidak datang dua kali, tetapi kesempatan bisa kita ciptakan sendiri. Ia mendorong peserta untuk memanfaatkan peluang di bidang digital marketing dengan menciptakan cuan (keuntungan).

 

"Ada tiga hal yang perlu dipelajari dalam digital marketing, yaitu produk, pembeli, dan konten. Dengan mempelajari tiga hal ini, kita bisa menciptakan cuan setiap waktu," ujar Iswan Febriyanto.

 

Ia juga menjelaskan bahwa kita tidak harus memiliki produk sendiri, tetapi dapat mempelajari produk dan menawarkannya kepada orang lain. Sebagai seorang pebisnis, kita harus mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, bukan mencari konsumen yang sesuai dengan produk kita.


Dalam menjual produk kepada orang lain, Iswan Febriyanto menekankan pentingnya untuk "membedah" produk terlebih dahulu, sehingga kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang kita jual dan membandingkannya dengan produk yang lain. Membedah produk ini meliputi analisis kompetitor, diferensiasi produk, dan manfaat produk.

 

Setiap produk memiliki pembeli yang berbeda-beda, oleh karena itu, kita perlu memasarkan produk hanya kepada orang-orang yang tertarik dan berpotensi untuk membeli produk kita. Selain itu, sebelum menjual, kita juga perlu memahami keinginan, kebutuhan, dan ketakutan konsumen.

 

"Digital marketing adalah seni transaksi tanpa tatap muka, oleh karena itu penting untuk mendapatkan kepercayaan dari audiens atau pengguna produk kita," tambah Iswan Febriyanto sebagai pemateri.


Materi "Wawasan Digital Marketing" yang disampaikan oleh Iswan Febriyanti sangat berguna bagi kontingen Pramuka UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, terutama dalam bidang wirausaha. Setelah mengikuti materi ini, para anggota Pramuka UIN Malang dapat memperluas pengetahuan mereka tentang pemasaran digital dan berencana untuk menerapkan materi tersebut dalam kegiatan Pramuka di UIN Malang.


Pendidikan Terbaru