Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Bina Usaha, Cara Muslimat NU Tulungagung Tingkatkan Kesejahteraan Anggota

Bina Usaha, Cara Muslimat NU Tulungagung Tingkatkan Kesejahteraan Anggota
Pengurus PC Muslimat NU Tulungagung saat pembukaan toko Al-Hidayah binaanya, Sabtu (09/01/2021). (Foto: NOJ/ Puspita Hanum).
Pengurus PC Muslimat NU Tulungagung saat pembukaan toko Al-Hidayah binaanya, Sabtu (09/01/2021). (Foto: NOJ/ Puspita Hanum).

Tulungagung, NU Online Jatim

Dalam rangka menjaga kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota,  lembaga ekonomi dibawah naungan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tulungagung melakukan pembinaan khusus pada toko Al-Khadijah di Desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung.

 

"Toko Al-Khadijah tersebut didirikan oleh ibu-ibu yang menjadi pengurus dan anggota Muslimat," terang Nikmatul Khoiriyah Koordinator Lembaga Ekonomi PC Muslimat NU Kabupaten Tulungagung saat acara pembukaan Toko Al-Khadijah, Sabtu (09/01/2021).

 

Ia menjelaskan, lembaga ekonomi tersebut yang memulai menggerakan kelompok usaha untuk membuka sebuah toko. Selain itu, lembaga ekonomi juga ikut serta mempersiapkan kebutuhan untuk memulai mendirikan sebuah toko.

 

"Nanti saat toko sudah berjalan, kami akan terus memantau perkembangan dan tetap mendampingi jika ada permasalahan-permasalahan," terang Nikmah.

 

Tidak hanya satu toko yang akan dibina oleh Lembaga Ekonomi PC Muslimat NU Kabupaten Tulungagung. Nantinya, anggota dan pengurus Muslimat yang lain juga akan membentuk kelompok usaha untuk mendirikan toko baru.

 

Selain itu, toko yang mendapatkan pembinaan disarankan untuk menjalin kerjasama dengan Nusantara Grosir (NUGO) sebagai distributor barang yang dikelola oleh PC Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Tulungagung.

 

Pengelola dan pegawai toko diharuskan berasal dari anggota Badan Otonom (Banom) seperti anggota Muslimat, Ansor, Fatayat atau dari anggota Banom lainnya yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan.

 

"Konsep toko Al Khadijah dan toko lain yang akan kami bina yaitu barang yang tersedia sangat lengkap dan memiliki harga yang sangat murah dengan kualitas pelayanan modern. Bisa dibandingkan dengan swalayan besar," tutur Nikmah yang juga menjadi salah satu pengelola Toko Al-Khadijah.

 

Nikmah mengatakan toko Al-Khadijah ini bisa menjadi role model tentang cara pengelolaan toko yang modern dengan tetap berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar memiliki kualitas yang setara bahkan melebihi swalayan modern.

 

 

Hj Miftachurohmah sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tulungagung dalam sambutannya saat pembukaan Toko Al-Khadijah berharap seluruh anggota dan pengurus Muslimat mendukung toko Al Khadijah.

 

"Toko Al-Khadijah merupakan toko milik warga Muslimat. Ayo dibesarkan bersama agar bisa membawa berkah untuk seluruh umat," harapnya.

 

Editor: Romza

Bank Jatim (31/7)