Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ma'arif NU Sumenep Siap Dampingi Kemajuan Sekolah

Ma'arif NU Sumenep Siap Dampingi Kemajuan Sekolah
Pertemuan LP Ma'arif NU Sumenep dengan jajaran guru SMANU. (Foto: NOJ/Firdausi)
Pertemuan LP Ma'arif NU Sumenep dengan jajaran guru SMANU. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Setelah berkunjung ke SMA NU dan SMP NU Sumenep bulan lalu, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama Sumenep menindaklanjuti kunjungan dan memilih Ketua Sako Ma'arif, Selasa (16/02/2021).

 

Kiai Ahmad Majdi Tsabit menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan. Menurut Ketua PC LP Ma'arif NU Sumenep tersebut, pengurus terpilih wajib tahu lebih jauh tentang bagaimana manajemen yang dilaksanakan di SMANU dan SMPNU. Baik dari manajemen keuangan, sumber daya manusia ataupun kesiswaan.

 

"Kami akan membantu membuatkan pamflet atau brosur yang akan dikemas lebih menarik,” katanya.

 

Demikian yang akan dilakukan mencoba mensinergikan beberapa program PC LP Ma'arif NU dengan Pengurus Cabang (PC) Rabithah Ma'ahid al-Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU). Khususnya terkait dengan PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru agar pesantren yang ada bisa menyekolahkan santrinya ke SMA NU dan SMP NU.

 

Selain itu juga, pengurus memiliki rencana membuatkan angket atau blangko terkait minat dan bakat siswa agar SMA NU dan SMP NU. Hal ini agar bisa memberikan pendampingan kepada para siswa-siswi sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

 

"Oleh karena itu, ada tiga poin yang akan kami bahas dengan pihak sekolah, agar SMA NU dan SMP NU unggul dibandingkan dengan sekolah lainnnya,” terangnya. Ketiga hal tersebut meliputi pemaparan manajemen keuangan, program yang sudah dan sedang direncanakan, dan PPDB, lanjutnya.

 

Di saat yang sama, Chusnul selaku Kepala SMA NU berharap banyak terhadap PC LP Ma'arif NU terkait dengan kemajuan dan perkembangan sekolah ke depan. Terutama dalam hal tiga poin di atas yang selama ini menjadi kendala.

 

"Semoga kunjungan ini bisa memberikan warna baru dalam tubuh SMA NU dan SMP NU. Kami juga berharap bagaimana strategi yang akan dilakukan terkait PPDB, penambahan tenaga administrasi (TU), pengadaan fasilitas, dan lainnya benar-benar terealisasi," harapnya.

 

Pemilihan Ketua Sako Ma'arif

Setelah mengadakan pertemuan, Ketua dan Sekretaris PC LP Ma'arif NU Sumenep, beranjak pada kegiatan selanjutnya. Yakni, pemilihan ketua Sako Ma'arif NU.

 

Ada 6  Calon ketua Sako Ma'arif NU, nama-nama tersebut muncul pada saat rapat rutin bulanan lembaga, antara lain Kiai Wafi (Batuputih), Ustadz Homaidi (Bluto), dan Ustadz Rofiq (Giliraja).

 

"Kami lebih menekankan pada sistem aklamasi atau tunjuk langsung dalam pemilihan ketua Sako Ma'arif. Namun sebelum itu, harus disepakati oleh semua pengurus yang hadir dan para bakal calon lainnya," terangnya Ustadz Zainal Abidin selaku Sekretaris PC LP Ma'arif NU Sumenep.

 

Setelah terpilih, Ustadz Rofiq menentukan nama-nama tim formatur yang nantinya akan dilibatkan dalam pembentukan struktur pengurus Sako Ma'arif.

 

"Insyaallah akhir Februari ini, penyusnan pengurus sudah rampung seratus persen,” pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim