Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Peringati Hari Ibu, PC IPNU-IPPNU Kediri Adakan Lomba Menulis Esai

Peringati Hari Ibu, PC IPNU-IPPNU Kediri Adakan Lomba Menulis Esai
Pamflet lomba menulis esai yang diadakan PC IPNU-IPPNU Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/ Muhammad Ro’uf).
Pamflet lomba menulis esai yang diadakan PC IPNU-IPPNU Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/ Muhammad Ro’uf).

Kediri, NU Online Jatim

Untuk memperingati Hari Ibu tanggal 22 Desember yang akan datang, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Kediri mengadakan lomba menulis esai untuk para pelajar dan santri. Lomba kali ini mengangkat tema: “Peran Perempuan dalam Mewujudkan Generasi Gemilang”.

 

Menulis esai merupakan kebutuhan di kalangan pelajar dan santri, apalagi Indonesia ini masih masuk negara berkembang. Yang artinya perlu keterlibatan dan antusias para pemuda untuk membuat maju negara ini melalui karya tulis.

 

"Kami ingin melatih anak-anak muda untuk beropini atau berpendapat melalui karya tulis tapi bukan sembarang menulis. Harus ada referensi yang menjadi acuannya. Maka dari itu esai adalah lomba yang tepat untuk itu," kata Laila Kartika Sari, Ketua Panitia Lomba Esai, Rabu (03/12/2020).

 

Menurutnya, lomba menulis esai yang diadakan supaya tidak monoton seperti kegiatan yang diadakan oranisasi lain saat peringatan Hari Ibu. "Kami memilih memperingati hari ibu dengan cara yang tidak biasa. Kebanyakan organisasi atau lembaga merayakan hari ibu dengan lomba puisi dan cerpen. Kami ingin event kali ini dibuat berbeda dan dikemas melalui lomba menulis esai," lanjutnya.

 

Kartika menjelaskan, lomba ini diadakan mulai tanggal 25 November sampai 22 Desember untuk pengiriman naskah melalui link yang sudah disediakan panitia.

 

Selanjutnya tanggal 23 hingga 27 Desember panitia melakukan penjurian, dan yang terakhir untuk pemenang lomba akan diumumkan melalui live instagram PC IPNU-IPPNU Kabupaten Kediri pada tanggal 29 Desember 2020. Bagi pemenang pertama, dua, tiga, dan ketiga juara harapan akan mendapatkan sejumlah uang tunai dan piagam penghargaan.

 

"Untuk peserta yang ingin mengikuti harus memahami dan membaca panduan yang dapat diakses melalui link https://bit.ly/JuknisLombaESAI_PCIPNUIPPNU_Kab_Kediri2020," ujarnya.

 

 

Kartika juga menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar para pelajar ketika mendapat informasi harus dengan fakta yang jelas karena dalam menulis esai referensi atau literasi yang digunakan harus akurat.

 

Diharapkan, dengan adanya lomba tersebut dapat mengasah nalar para pelajar untuk berpikir lebih dalam dan meningkatkan prestasi ditingkat kabupaten hingga nasional.

 

Penulis: Muhammad Ro’uf

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah