Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Telaga Ngebel di Ponorogo Masih Favorit Wisatawan Meski Pandemi

Telaga Ngebel di Ponorogo Masih Favorit Wisatawan Meski Pandemi
Lokasi wisata Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).
Lokasi wisata Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo. (Foto: NOJ/ Zen Muhammad).

Ponorogo, NU Online Jatim

Wisata alam Telaga Ngebel di Desa/ Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo masih menjadi primadona di masa liburan Idul Fitri 1442 Hijriyah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Telaga Ngebel selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan untuk menghabiskan waktu libur.

 

Kendati demikian, untuk tahun ini sedikit berbeda karena masih suasan Pandemi Covid-19 yang belum usai. Penerapan protokol kesehatan (Prokes) dan pembatasan jumlah pengunjung dilakukan oleh pengelola wisata ini. 

 

Bahkan untuk memastikan penerapan prokes di Telaga Ngebel, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ponorogo, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mochamad Nur Azis mengadakan pantauan langsung ke lokasi wisata andalan bumi reog tersebut, Ahad (16/05/2021).

 

Kapolres bersama rombongan melakukan pengecekan prokes, mulai dari pintu masuk, pos rapid test Puskesmas Ngebel hingga penumpang kapal telaga dan membagikan masker ke wisatawan. 

 

Usai melakukan pemantauan, Kapolres mengatakan, hasil pantauan di kawasan Telaga Ngebel aman dan tidak ada yang positif Covid-19. "Dan di sini selalu ada kegiatan untuk mengimbau masyarakat agar tertib protokol kesehatan," katanya. 

 

Sementara itu, Bambang Wibisono Sekertaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) mengungkap, pihak Disbudparpora jauh hari sudah melakukan antisipasi terkait liburan Idul Fitri. Selanjutnya pihaknya juga terus melakukan pemantauan. Apabila mengalami kepadatan, maka akan menutup portal pintu masuk.

 

"Sebenarnya target kita kan hanya separuh kapasitas, itu pasti. Tapi kalau kita lihat nanti, meskipun belum separuh tapi cukup penuh, ya akan kita tutup portal," tegasnya. 

 

Di sisi lain, para wisatawan mengaku sudah terbiasa berkunjung ke Telaga Ngebel saat libur panjang. Baik cuti panjang hari besar dan hari libur lainnya.

 

"Memang setiap Idul Fitri kita ke sini sama keluarga. Kita tadi naik kuda, naik kapal dan makan siang bareng. Ikan Nila asli telaga rasanya enak," ungkap Junet, warga Badegan, Ponorogo.

 

Ulfa, wisatawan lainnya menambahkan, resto dan hotel di Telaga Ngebel juga menyediakan tempat yang bagus untuk pertemuan keluarga. 

 

 

"Jadi, setiap Idul Fitri kita adakan pertemuan keluarga untuk mempererat tali silaturahim," pungkasnya.

 

 Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim