Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Tiga Kitab Ini Dikaji Pelajar NU di Kabupaten Madiun selama Ramadlan

Tiga Kitab Ini Dikaji Pelajar NU di Kabupaten Madiun selama Ramadlan
Kajian kitab akhlak oleh IPNU-IPPNU Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/MNA)
Kajian kitab akhlak oleh IPNU-IPPNU Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/MNA)

Madiun, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, menyelenggarakan kajian akhlak selama Ramadlan. Tiga kitab yang dikaji, yaitu Taisirul Kholaq, Risalatul Mahid, dan Wasiatul Mustofa.

 

Kajian dilaksanakan setiap hari sehabis Ashar di kantor Majelis Wakil Cabang NU Pilangkenceng. Di hari puasa pertama pada Selasa (13/04/2021) kemarin, kitab yang dikaji ialah Taisirul Kholaq yang diampu oleh Ketua Demisioner IPNU Pilangkenceng, Abdul Halim.

 

Di hari kedua, Rabu (14/04/2021) diisi dengan kitab Wasiatul Mustofa yang diisi oleh Syukron. Sementara hari ketiga puasa yakni mengkaji kitab Risalatul Mahid yang diisi oleh kader IPPNU Mirna Nur Asyiah. Begitu seterusnya secara bergiliran tiga kitab itu dikaji sampai khatam selama Ramadlan.

 

Kitab Taisirul Kholaq adalah karya al Hafidz Hasan Al Mas'udi. Kitab ini menerangkan tentang akhlak-akhlak mulia yang dipaparkan secara ringkas dan mudah dipahami. Abdul Halim mengatakan, kitab tersebut dipilih untuk dikaji banyaknya anak muda yang masih belum mengutamakan akhlaq dalam bertindak sehari-hari.

 

“Apalagi di zaman yang serba modern ini, IPNU-IPPNU haruslah menjadi garda terdepan untuk menjadi generasi yang berakhlaqul karimah,” kata Abdul Halim.

 

Penulis : Dinda Putri Lestari

 

Editor: Nur Faishal

PWNU Jatim