• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Rehat

Pengalaman Ketua ISNU Sidoarjo Sampaikan Khutbah Nikah Putri Pangdam

Pengalaman Ketua ISNU Sidoarjo Sampaikan Khutbah Nikah Putri Pangdam
Ketua PC ISNU Sidoarjo, H Sholehuddin nomor dua dari kanan saat akad nikah berlangsung. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Ketua PC ISNU Sidoarjo, H Sholehuddin nomor dua dari kanan saat akad nikah berlangsung. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sidoarjo, H Sholehuddin mendapat amanah menyampaikan khutbah nikah putri Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya Mayjend Nur Cahyanto, Ahad (22/05/2022).


Pasalnya, yang menjadi saksi nikah adalah Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa dan Letjend Susilo. H Sholehuddin pun seperti tidak percaya, dirinya yang bukan seorang tokoh besar dijemput dengan pengawalan Polisi Militer (PM).


“Hari ini  benar-benar hari bersejarah yang tidak pernah saya lupakan. Betapa tidak, orang seperti saya yang bukan dai terkenal, apalagi viral. Khutbah nikah dijemput dari rumah di Sepanjang dan diantar Danramil Taman, dikawal Polisi Militer lagi menuju lokasi Grand City Surabaya,” tulisnya di akun Instagram pribadinya @sholehuddinbdk.


Pria yang pada tahun 2017 dikukuhkan sebagai wisudawan terbaik dalam program Doktor (S3) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) itu heran, sebabnya di Surabaya banyak mubaligh yang berkualitas dan terkenal. Tetapi dirinya yang diberi amanah menyampaikan khutbah nikah yang notabenenya momen sakral sebuah pernikahan, terlebih pernikahan putri Pangdam.


“Itu semua karena takdir Allah, karena malam posisi saya masih posisi tugas harian di Kementerian Agama Probolinggo, saya harus pulang pukul 01.00 WIB dini hari,” ujarnya.


Dirinya menceritakan sampai di rumah pukul 02.30 WIB dan langsung istirahat sebentar. Setelah bangun shubuh, ia mempersiapkan diri sejenak. Pukul 05.30 WIB Komandan Rayon Militer (Danramil) sudah menelpon menginformasikan telah berada di tempat penjemputan bersama pengawal dari jajaran PM.


“Saya pun bergerak menuju lokasi di Grand City. Tidak lama saya tiba di lokasi, agak lama menunggu sekira pukul 08.00 WIB lebih Pak Andika Perkasa datang, selanjutnya, prosesi dimulai,” kisahnya.


Sementara dalam vidio khutbah nikah yang juga ia unggah di Instagramnya, H Sholehuddin memberikan pesan yang dikutip dari pesan Nabi Muhammad SAW kepada sahabat Abu Dzar.


“Dalam pesannya, perbaiki perahu berupa tata niat, bawa bekal lengkap berupa taqwa, ringankan beban dengan tinggalkan larangan dan yang tidak disukai kedua pasangan, serta ikhlaskan amal,” pungkasnya.


Rehat Terbaru