• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Belanja dan Sedekah Semakin Mudah Pakai Voucher LPNU Pasuruan

Belanja dan Sedekah Semakin Mudah Pakai Voucher LPNU Pasuruan
Belanja dan Sedekah Semakin Mudah Pakai Voucher LPNU Pasuruan. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)
Belanja dan Sedekah Semakin Mudah Pakai Voucher LPNU Pasuruan. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kota Pasuruan bersama Kulakan Center Kota Pasuruan gencar melakukan berbagai upaya untuk memperkenalkan gerai. Saat ini, hal tersebut diwujudkan melalui program voucher belanja dan sedekah senilai Rp30.000.


Ketua PC LPNU Kota Pasuruan Ahmad Fauzan menyebutkan, pembayaran menggunakan voucher sama sekali tidak mengubah nilai mata uang. Sebab, fungsinya sama persis seperti alat tukar dan justru voucher dinilai lebih praktis dan efisien.


“Voucher adalah salah satu bagian dari upaya kami untuk memperkenalkan gerai. Karena yang mengeluarkan adalah LPNU Kota Pasuruan, jadi hanya bisa membeli atau menukar dengan bahan pokok yang dijual di gerai-gerai milik LPNU Kota Pasuruan,” terang Fauzan, Ahad (02/10/2022).


Fauzan menjelaskan, voucher juga dapat difungsikan sebagai alat sedekah. Hal ini menurutnya akan semakin mempermudah para aghniya (orang-orang kaya) yang ingin menyedekahkan sebagian hartanya.


Sebab mereka tak perlu bersusah payah membeli sampai mendistribusikan bahan pokok secara mandiri. Tapi cukup hanya dengan membagikan voucher dan para penerimanya akan membelanjakannya sendiri sesuai dengan apa yang dibutuhkan.


“Bisa dimanfaatkan oleh para aghniya yang suka bagi-bagi sembako. Biasanya kan harus beli dulu sembakonya dan belum tentu itu yang dibutuhkan penerimanya. Ada voucher lebih praktis dan nilai sedekahnya juga tidak berkurang,” imbuhnya.


Kartu fisik berstempel PC LPNU Kota Pasuruan tersebut hanya bisa didapatkan di Kulakan Center. Alur transaksi diatur sejelas mungkin untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan saat jual beli berlangsung. Pun demikian dengan regulasi, tidak diperkenankan menukarkan voucher dengan uang tunai meskipun dengan jumlah yang sama.


“Tidak bisa ditukarkan dalam bentuk uang tunai dan kalau lebih tidak bisa minta kembalian. Apabila kurang, maka kekurangannya baru dibayarkan pakai uang tunai. Misalkan belanja habis Rp35.000, maka bayar pakai voucher dan uang tunai Rp5.000,” kata Fauzan.


Diketahui, program inovatif yang baru saja diluncurkan itu kini tengah diburu oleh sejumlah konsumen. Bahkan, ada yang telah memesannya jauh-jauh hari sebelumnya.


Tapal Kuda Terbaru