• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 November 2023

Tapal Kuda

Jelajah Santri Awali Rangkaian 1 Abad NU Kota Probolinggo

Jelajah Santri Awali Rangkaian 1 Abad NU Kota Probolinggo
Pembukaan Jelajah Santri 2 dan Kick Off 1 Abad NU oleh PCNU Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Pembukaan Jelajah Santri 2 dan Kick Off 1 Abad NU oleh PCNU Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo melalui Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU dan Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma'arif NU setempat menggelar Jelajah Santri 2. Kegiatan ini menjadi pembuka rangkaian peringatan 1 Abad NU oleh PCNU Kota Probolinggo.


Agenda yang dipusatkan di Lapangan SMAN 4 Kota Probolinggo itu berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu-Ahad (08-09/10/2022). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Ketua PCNU Kota Probolinggo H Samsur dengan ditandai pemukulan gong.


H Samsur mengatakan, rangkaian kegiatan menyongsong 1 abad NU di Kota Probolinggo akan dibuat semeriah mungkin. Tak cukup itu, agenda ini menjadi satu rangkaian dengan peringatan Hari Santri 2022 dan melibatkan seluruh pengurus lembaga dan banom NU.


"Seluruh kegiatan kami fokuskan untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah kepada anak didik dan santri, sehingga mereka semakin kenal terhadap prinsip-prinsip yang ada di Nahdlatul Ulama," ucapnya.


Ia berharap, rangkaian kegiatan yang sudah disiapkan berjalan dengan baik dan panitia penyelenggara terus semangat berjuang di Nahdlatul Ulama.


Sementara Ketua PC LP Ma'arif NU Kota Probolinggo, M Holil menjelaskan, kegiatan Jelajah Santri 2 ini diisi dengan lomba teknik kepramukaan dan olimpiade Aswaja. Hal ini untuk melatih kemandirian, kekompakan, dan untuk mengenalkan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah. Selain itu, juga untuk meneguhkan iman dan memperat ukhuwah sesama santri.


"Kami berharap melalui Jelajah Santri ini peserta didik dapat mengenal dan bisa memahami Aswaja An-Nahdliyah," harapnya.


Diketahui, kegiatan Jelajah Santri 2 tersebut mengambil tema ‘Tanamkan Jiwa Bakti Pertiwi’. Adapun peserta kegiatan ini kurang lebih seribu orang, yang berasal dari SD/MI dan SMP/MTS dibawah naungan LP Ma'arif Kota Probolinggo.


Turut hadir saat pembukaan, Katib PCNU Kota Kraksaan Kiai Muhtarom, Bendahara H Ahmad Zaini, Wakil Sekretaris H Husni Mubarok, dan sejumlah undangan lainnya.


Tapal Kuda Terbaru