• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Tapal Kuda

Peduli Lingkungan, PCNU Situbondo Tanam Ratusan Bibit Pohon

Peduli Lingkungan, PCNU Situbondo Tanam Ratusan Bibit Pohon
Deklarasi NU Situbondo Peduli serta penanaman bibit pohon. (Foto: istimewa)
Deklarasi NU Situbondo Peduli serta penanaman bibit pohon. (Foto: istimewa)

Situbondo, NU Online Jatim 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo kembali berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menyelenggarakan deklarasi NU Peduli Lingkungan.


Kegiatan ini merupakan bagian agenda 1 Abad PCNU Situbondo yang digelar dengan tema 'Satu Pohon Berjuta Manfaat'. Kegiatan ini berpusat di Kelurahan Dawuhan Situbondo pada Sabtu, (29/10/ 2022). 


Mohammad Zahrowi selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan, kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh MWCNU di Kabupaten Situbondo dengan total 10.000 pohon yang ditanam.


“Kegiatan 1 pohon berjuta manfaat ini akan diselenggarakan di seluruh wilayah MWCNU, khususnya yang siap ditanami pohon dengan jumlah 10.000 pohon dan hari ini sebagai start yang titik koordinatnya ditaruh di MWCNU Kota Situbondo, tepatnya lokasi yang akan dibangun kantor MWCNU Kota Situbondo,” katanya.


Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi NU Peduli Lingkungan bersama elemen yang hadir. Di antaranya rais syuriyah, ketua tanfidziah dan tamu undangan lainnya.


“Kita deklarasikan bahwa NU Situbondo peduli terhadap lingkungan yang kita tempati ini,“ imbuh Zahrowi yang juga Wakil Ketua PC LPPNU Situbondo.


Sementara itu, Rais Syuriyah PCNU Situbondo, KH Zainul Mu'in Husni dalam khutbah iftitahnya mengatakan, menanam pohon serta menjaga lingkungan merupakan ajaran Islam yang banyak manfaat bagi kehidupan.


“Hari ini kita hadir di upacara sakral karena perhatian terhadap lingkungan bagian dari pada ajaran agama kita. Ada pepatah arab Man Zaroa Hashoda (barang siapa yang menanam akan menuai). Apa yang akan kita tanam akan kita tuai hasilnya nanti untuk kemaslahatan NU di masa depan. Kita yang menanam dan yang memanen adalah anak cucu kita. Ini untuk tanaman jangka panjang; pohon jati misalnya," ujar kiai yang juga merupakan dosen Ma'had Aly Sukorejo tersebut.


Lebih lanjut ia mengapresiasi kegiatan menanam pohon ini serta berharap bisa terus dijalankan sebagai wujud konsistennya NU dalam menjaga lingkungan.


"Ini adalah kegiatan yang sangat berharga bagi kita, bahkan pembelajaran kepedulian kita terhadap lingkungan. Saya sangat apresiatif terhadap kegiatan ini, semoga berbalas pahala yang setimpal,” imbuhnya.


Kegiatan ini ditutup secara simbolis penanaman bibit pohon oleh Rais Syuriyah dan Ketua PCNU Situbondo beserta Forkopimda. Serta dilanjutkan penanda tanganan deklarasi NU peduli lingkungan oleh seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru