• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Tapal Kuda

Ribuan Santri di Situbondo Meriahkan Hari Santri dengan Jalan Santai Bershalawat

Ribuan Santri di Situbondo Meriahkan Hari Santri dengan Jalan Santai Bershalawat
Ribuan peserta jalan santai bershalawat di Situbondo. (Foto: NOJ/ Fathurrahman)
Ribuan peserta jalan santai bershalawat di Situbondo. (Foto: NOJ/ Fathurrahman)

Situbondo, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Besuki Kabupaten Situbondo mengadakan jalan santai bershalawat dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022 pada Ahad (23/10/2022). Kegiatan yang diiikuti ribuan santri ini start dan finish di Alun-alun Besuki.


Kiai Abdullah Fathin, selaku Ketua Panitia HSN MWCNU Besuki menuturkan, kegiatan jalan santai bershalawat ini digagas oleh pengurus NU dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).


"Syukur alhamdulillah, pelaksanaan jalan santai bershalawat berjalan dengan lancer. Ini merupakan rangkaian peringatan HSN 2022 yang di mana pada tanggal 22 Oktober kemarin kita juga mengadakan upacara akbar yang dipimpin langsung oleh Bupati Situbondo (Karna Suswandi)," katanya.


Selain itu, kiai yang akrab disapa Lora Fathin tersebut menerangkan, jumlah peserta yang ikut jalan santai bershalawat tersebut sebanyak 8 ribu peserta.


"Di luar dugaan kami (panitia), pesertanya membludak hingga 8 ribu peserta yang semuanya adalah santri se Kecamatan Besuki dan sekitarnya, serta siswa siswi dari madrasah di bawah Kementerian Agama," ujarnya.


Lora Fathin mengungkapkan, penamaan jalan santai bershalawat karena selama perjalanan mulai dari start hingga finish para peserta membaca Shalawat Badar dan Syubbanul Wathon.


“Serta di akhir acara ada pengundian hadiah yang di mana ada 2 kulkas dan 2 sepeda sebagai hadiah utamanya," ungkapnya.


Sementara itu Kiai Abdul Jalal Kiromi, Ketua MWCNU Besuki mengaku senang dan bangga atas suksesnya acara peringatan hari santri yang diadakan oleh panitia.


"Saya sangat senang sekali adanya kegiatan ini. Setelah 2 tahun MWCNU Besuki tidak mengadakan acara besar dikarenakan pandemic Covid-19, yang di mana pada tahun 2019 dulu kami mengadakan hari santri dan memecahkan rekor muri nasi jarak terbanyak, setalah itu pandemi datang dan semua kegiatan berhenti total," ujar kiai alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton itu.


"Saya berharap di tahun yang akan datang peringatan hari santri nasional di MWCNU Besuki lebih meriah dari tahun ini, ditambah lagi sesuai yang dikatakan Bupati Situbondo ketika menjadi inspektur upacara, bahwa upacara HSN akan selalu ditaruh di Besuki. Ini merupakan apresiasi luar biasa pemerintah kepada kami MWCNU Besuki," pungkasnya.


Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Situbondo Nyai Khoirani, Sekretaris Daerah Wawan Setiawan, Wakil Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo KH Ahmad Hanif Makki, seluruh camat se Kabupaten Situbondo, beserta kepala dinas dan jajarannya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru