• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Kediri Raya

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Unisma Gelar MoU dengan LFNU Blitar

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Unisma Gelar MoU dengan LFNU Blitar
Penandatanganan MoU. (Foto: NOJ/Ika)
Penandatanganan MoU. (Foto: NOJ/Ika)

Blitar, NU Online Jatim

Lembaga Pengkajian Islam dan Keaswajaan (LPIK) Universitas Islam Malang (Unisma) menggandeng Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Blitar untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa pada bidang ilmu falakiyah dan ilmu astronomi.

 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Pengurs Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar, KH Samsul Hadi mengaku pihaknya menyambut baik adanya kerja sama ini. Ia mengungkapkan, LFNU Kabupaten Blitar akan menyiapkan tim untuk melakukan bimbingan teknis (Bimtek) terkait ilmu falakiyah dan rukyatul hilal.


“Kami akan menyiapkan pelatih yang lebih berfokus pada ilmu astronomi, seperti bimbingan penentuan arah kiblat, jadwal sholat, penerbitan jadwal sholat harian,” ungkapnya kepada NU Online Jatim, Ahad, (07/08/2022).

 

Menurutnya, kerja sama ini salah satu langkah untuk kaderisasi ilmu falakiyah dan astronomi kepada mahasiswa agar ke depan jika terdapat perbedaan sudut pandang tentang penentuan awal bulan dapat menjadi rahmat bagi masyarakat.

 

“Sehingga diharapkan setelah paham dengan ilmu falakiyah, mahasiswa dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat awam ketika terjadi perbedaan pendapat,” jelas pengasuh Pondok Pesantren Mahida, Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar ini.

 

Kiai Samsul juga menyampaikan, dengan adanya kerja sama ini LFNU Kabupaten Blitar dapat memperluas jaringan keilmuan serta mensinergikan antara keilmuan khas pondok pesantren dengan kalangan akademisi agar keduanya dapat berjalan selaras dan saling melengkapi.

 

Sementara itu, untuk teknis pelaksanaan kerja sama ini, LFNU Kabupaten Blitar bersama LPIK Unisma akan menggelar praktik rukyatul hilal bersama di pos observasi bulan Kabupaten Blitar, seperti di Gunung Gede, Puncak Pelangi atau di Pantai Selatan.

 

“Selain itu nanti juga ada pelatihan penggunaan alat untuk rukyatul hilal, dengan harapan kedepannya Unisma bisa memiliki observatorium antariksa untuk praktik para mahasiswa,” tandasnya.

 

Diketahui, kerja sama ini dimulai dengan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Unisma dan PCNU Kabupaten Blitar di Gedung Graha NU, Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar pada Sabtu (06/072022) kemarin.


Kediri Raya Terbaru