• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Keislaman

Berikut Doa yang Disarankan usai Makan dan Minum

Berikut Doa yang Disarankan usai Makan dan Minum
Usai makan dan minum disarankan juga membaca doa. (Foto: NOJ/Saif)
Usai makan dan minum disarankan juga membaca doa. (Foto: NOJ/Saif)

Seperti disampaikan di artikel sebelumnya bahwa saat akan makan dan minum dianjurkan untuk berdoa. Apalagi hal tersebut juga dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian akan mendapatkan pahala sekaligus terus inga tatas nikmat yang telah Allah SWT berikan.

 


Dan bila pembuka makan maupun minum diisi dengan doa, alangkah baiknya kalau sesudah makan ditutup dengan doa pula. Doa makan merupakan bentuk syukur kepada Allah atas nikmat makan yang baru saja diterima. 


Berikut ini alternatif doa yang bisa dibaca sesudah makan: 


 اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا هَذَا الطَّعَامَ وَرَزَقَنَا إِيَّاهُ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ


Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ hadzat tha‘âma wa razaqanâ iyyâhu min ghairi haulin minnî wa lâ quwwatin. 

 

Artikel diambil dari: Doa Lengkap Sesudah Makan

 


Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami makan dengan makanan ini dan telah mengaruniakan kami akan itu makanan dengan tiada daya dan upaya dari kami. (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta). 


Ada juga redaksi doa sesudah makan sebagaimana berikut ini: 


 اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ 


Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ wa saqânâ wa ja‘alanâ minal muslimîn. 


Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh. 


Makan dan minum tampaknya memang upaya manusia. Tetapi pada hakikatnya semua upaya manusia itu tidak bermakna apa pun tanpa pertolongan Allah SWT. Karena itu, salah satu bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan adalah dengan memanjatkan doa baik sebelum dan sesudah makan. Wallahu a'lam.


Keislaman Terbaru