• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Matraman

Jaga Amaliah Nahdliyah, IPNU-IPPNU di Pacitan Rutin Gelar Khatmil Qur'an

Jaga Amaliah Nahdliyah, IPNU-IPPNU di Pacitan Rutin Gelar Khatmil Qur'an
Khotmil Qur'an PAC IPNU IPPNU Sudimoro, Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul Mu'awanah)
Khotmil Qur'an PAC IPNU IPPNU Sudimoro, Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul Mu'awanah)

Pacitan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan menggelar Khatmil Qur'an pada Sabtu (02/01/2021). Kegiatan yang terlaksana atas kerja sama dengan Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) Korp Pelajar Putri (KPP) Kecamatan Sudimoro ini bertempat di Gedung Sanggar Majelis Dzikir Asmaul Haq Sudimoro, Pacitan.

 

Kegiatan ini melibatkan seluruh pengurus PAC, anggota CPB-KPP, dan utusan dari Pimpinan Komisariat (PK) dan Pimpinan Ranting (PR) se-Kecamatan Sudimoro. Khatmil Qur'an bertujuan untuk membangun silaturahim di tengah pandemi. Selain itu juga sebagai upaya untuk membantu melancarkan bacaan al-Qur'an anggota.

 

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kelancaran anggota dalam membaca al-Qur'an, dan juga mempererat silaturahim antaranggota," kata Muchlis Rifa'i, Ketua IPNU PAC Sudimoro, Pacitan.

 

Menyikapi kondisi lingkungan di tengah pandemi, kegiatan ini dilaksanakan secara bergantian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pengurus PAC. Sehingga tidak menimbulkan banyak kerumunan.

 

"Kami membuat jadwal anggota yang hadir secara langsung agar tidak menimbulkan kerumunan. Namun, bagi anggota yang tidak hadir secara langsung tetap dapat mengikuti khataman dengan membaca al-Qur'an dari rumah," jelasnya.

 

Muchlis juga menyampaikan bahwa hadirnya organisasi IPNU-IPPNU di lingkungan masyarakat harus memberikan contoh yang baik dengan mampu menyebarkan amaliah NU di tingkat pelajar baik di kota maupun di desa.

 

"Selaku pengurus PAC kami akan terus mengenalkan NU di tingkat pelajar sampai dengan ke pedesaan dengan tujuan meneruskan perjuangan para ulama, memberikan manfaat, dan memberikan contoh kepada masyarakat sekitar," ujarnya.

 

Dirinya mengungkapkan rasa syukur dan sangat berterima kasih kepada IPNU-IPPNU yang memberikan wadah bagi pelajar untuk berproses.

 

 

"Terima kasih IPNU-IPPNU sudah membesarkan kami, karena sesungguhnya tanpa kami pun organisasi kita sudah besar," pungkasnya.

 

 

Penulis: Risalatul Muawanah

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru