• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Metropolis

Asnuter Sidoarjo Buka Base Camp sebagai Pusat Syiar Aswaja

Asnuter Sidoarjo Buka Base Camp sebagai Pusat Syiar Aswaja
Ketua Asnuter Sidoarjo Luqman Hakim. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Ketua Asnuter Sidoarjo Luqman Hakim. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Aswaja NU Center (Asnuter) Pengurus Cabang Nahdltul Ulama (PCNU) Sidoarjo menggelar soft opening base camp yang terletak di depan kampus I Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) Perumahan Bluru Permai, Jl. Monginsidi No.DPR, Sidoklumpuk, Sidokumpul, Kecamatan/ Kabupaten Sidoarjo, Jumat (29/07/2022) siang.


Luqman Hakim selaku Ketua Asnuter Sidoarjo menyampaikan bahwa sejak periode sebelumnya yang dipimpin oleh KH Muhammad Sholeh Qosim Asnuter ingin mempunyai basecamp.


“Karena di kantor PCNU sendiri hanya beberapa lembaga yang mempunyai tempat. Seperti Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) dan beberapa lembaga lain. Namun masih banyak lembaga yang belum mempunyai tempat,” katanya.


Ustadz muda alumni Pondok Pesantren Al Falah Ploso Mojo, Kediri itu menilai, lokasi base camp Asnuter sangat strategis karena berada di pusat keramaian dan berhadapan dengan Gudung Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Rohmatul Ummah dan kampus Unusida.


“Tempat ini sangat strategis untuk syiar  Islam Ahlussunnah al Jamaah (Aswaja) baik secara online atau offline. Gedungnya mudah untuk dibranding ala kekinian sehingga nyaman untuk anak-anak muda,” ujarnya.


Dengan adanya bacecamp ini, pergerakan Asnuter untuk mensyiarkan Aswaja tidak hanya berbasis media sosial saja. Namun juga dalam dunia nyata. Disebutkan gudung berukuran 8 x 25 meter ini adalah milih salah seorang  A’wan PCNU Sidoarjo yakni H Shomad Mahfudz.


“Bahkan H Shomad juga bersedia meminjamkan gedung sebelahnya. Kemudian muncul juga  impian bagaimana basecamp ini bisa digunakan untuk dakwah dengan Podcast. Ini sudah ada tempatnya dan sarana dan prasarannya juga sudah ada,” ucapnya.


Nantinya basecamp juga akan dipergunakan untuk kegiatan ekonomi. Luqman mengaku sudah ada beberapa pihak yang ingin bekerja sama dengan Asnuter Sidoarjo seperti Muslimat NU dan beberapa pihak profesional. Namun terkait bagaimana bentuk kerja sama nanti akan ditindak lanjuti.


Pada soft opening base camp ini disertai pemotongan tumpeng dan dihadiri belasan pengurus Asnuter Sidoajo.


Editor:

Metropolis Terbaru