• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Parlemen

Pengembangan Situs Purbakala Harus Jadi Perhatian Pemprov Jatim

Pengembangan Situs Purbakala Harus Jadi Perhatian Pemprov Jatim
Situs purbakala di Ngawi, Jawa Timur. (Foto: NOJ/oz)
Situs purbakala di Ngawi, Jawa Timur. (Foto: NOJ/oz)

Surabaya, NU Online Jatim
Situs purbakala adalah salah satu potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai lokasi pariwisata sekaligus pendidikan. Oleh karena itu, pihak-pihak yang berwenang di daerah harus pintar-pintar melihat peluang tersebut.

 

Hal yang sama diungkapkan oleh Hikmah Bafaqih, Komisi E DPRD Jawa Timur untuk lebih memberikan perhatian akan keberadaan situs-situs purbakala yang ada di Jawa Timur.

 

“Situs purbakala di Jawa Timur perlu dikembangkan secara intensif,” katanya, Sabtu (19/12/2020).

 

Bahkan dirinya berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dapat meniru pengelolaan situs purbakala Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

 

“Ada kesaamaan antara situs purbakala di Sangiran dan di Ngawi, sehingga Pemprov Jatim bisa belajar dari Sangiran,” ungkapnya.

 

Mantan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur ini berharap dengan upaya tersebut, situs purbakala di Jawa Timur bisa dikembangkan lebih baik lagi.

 

“Kalau bisa dikembangkan tentu keberadaan museum purbakala di Ngawi nantinya juga bisa menjadi obyek wisata dan pendidikan bagi generasi penerus bangsa,” pungkasnya.


Editor:

Parlemen Terbaru