• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pemerintahan

Saat Ini Jombang Miliki Desa Mandiri Pangan

Saat Ini Jombang Miliki Desa Mandiri Pangan
Pemkab Jombang menyelenggarakan launching Pemantapan Desa Mandiri Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau Demapan Bisa. (Foto: NOJ/SJt)
Pemkab Jombang menyelenggarakan launching Pemantapan Desa Mandiri Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau Demapan Bisa. (Foto: NOJ/SJt)

Jombang, NU Online Jatim
Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Kantor Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang menyelenggarakan kegiatan launching Pemantapan Desa Mandiri Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (Demapan Bisa), Rabu (16/11/2022). Acara  sekaligus sebagai sarana sosialisasi pemanfaatan pertanggungjawaban bantuan sarana dan prasarana yang dipusatkan di Balai Desa Made, Kecamatan Kudu.


Disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang, Nur Kamalia bahwa dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan gizi. Maka, menurutnya diperlukan pengembangan sub sistem ketersediaan, distribusi dan konsumsi dengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan. Dan untuk meningkatkan ketahanan pangan di daerah, Indonesia mencetuskan program desa mandiri pangan atau Demapan.


“Program desa mandiri pangan ini merupakan program aksi yang bertujuan untuk mengurangi rawan pangan dan gizi melalui pendayagunaan sumber daya kelembagaan dan kearifan lokal pedesaan,” katanya.


Disebutkan Nur Kamalia Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan tujuan dari Desa Mandiri Pangan ini antara lain untuk meningkatkan ketersediaan pangan dengan 
sumber daya yang dimiliki secara berkelanjutan. Termasuk meningkatkan distribusi dan akses pangan masyarakat, mutu dan keamanan pangan desa, kualitas konsumsi pangan masyarakat, hingga kualitas penanganan masalah pangan.


Acara juga dihadiri Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab didampingi Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat. Juga Ketua Komisi B DPRD Sunardi Yasin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang Nur Kamalia, Camat Kudu dan Forkopimcam.


Kegiatan diisi juga dengan penyerahan secara simbolis bantuan kepada 8 balita stunting, hibah gudang lumbung kepada kelompok lumbung pangan seger waras Desa Made Kecamatan Kudu. Juga lantai jemur yang diberikan kepada kelompok lumbung pangan paceklik Grobogan Ds. Karangpakis, Kecamatan Kabuh.


Peresmian gudang lumbung ditandai dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan dengan mengunjungi warung B2SA di Balai Desa Made. Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat dan Ketua Komisi B DPRD Sunardi Yasin, pada acara tersebut selaku narasumber menyampaikan sosialisasi terkait pemanfaatan/pertanggungjawaban hibah. 


Editor:

Pemerintahan Terbaru