• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Pendidikan

FEB Unisma Bekali Mahasiswa Leadership dan Manajemen

FEB Unisma Bekali Mahasiswa Leadership dan Manajemen
Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa LKMM virtual yang digelar BEM FEB Universitas Islam Malang. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli).
Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa LKMM virtual yang digelar BEM FEB Universitas Islam Malang. (Foto: NOJ/Madchan Jazuli).

Malang, NU Online Jatim

Kegiatan lanjutan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) kembali digelar. Kegiatan yang dimaksudkan untuk mewadahi mahasiswa soal leadership dan manajemen tersebut dihelat via Zoom Meeting, Kamis (03/09/2021).

 

Kegiatan bertajuk ‘Kepemimpinan dan Manajemen dalam Perspektif Rahmatan Lil Alamin' ini diikuti 900 mahasiswa angkatan 2020. Mereka terdiri dari mahasiswa Prodi Akuntansi, Manajemen, dan Perbankan Syariah. Rektor Unisma H Maskuri bertindak langsung sebagai narasumber.

 

H Maskuri menjelaskan, bahwa pemimpin dalam islam harus amanah, khidmah (pelayan), mas’uliyah dan ri’ayah. Selain itu, pemimpin juga jangan pernah lepas dari shalat lima waktu.

 

"Seorang pemimpin juga harus mengetahui situasi dan kondisi, bertanggung jawab, serta berprestasi,” jelasnya.

 

Disebutkan, cerminan pemimpin yang rahmatan lil alamin ialah sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Yakni harus memiliki integritas atau jujur (shiddiq), kredibilitas atau terpercaya (amanah), kapabillitas atau cerdas (fathanah), dan transparansi atau terbuka (tabligh).

 

“Moralitas dan karakteristik tersebut merupakan sesuatu yang melekat, bukan instan dan spontanitas apalagi dibuat-buat. Karena itu, syarat-syarat tersebut terlihat ketat dan berat, di samping memang bersifat tabiat. Dan kriteria tersebut harus diterapkan secara holistik dan tuntas," pungkasnya.

 

Sementara Dekan FEB Unisma, Nur Diana menjelaskan, kegiatan ini merupakan perwujudan visi misi FEB Unisma untuk meningkatkan jiwa leadership dan menciptakan karakter. Penanaman jiwa leadership sejak dini perlu dilakukan agar menjadi generasi yang dinamis.

 

“Maka, dilakukanlah kegiatan ini karena setiap manusia tidak dilahirkan langsung sebagai pemimpin. Tetapi kepemimpinan tersebut dihasilkan dari bakat,” ungkapnya.

 

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini kelak akan muncul leader-leader yang membanggakan dan mengharumkan nama FEB Unisma. Ia pun mengucap terima kasih kepada narasumber atas kesediaan waktunya.

 

"Terima kasih kepada narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk menjadi leader di masa depan," tandasnya.

 

Diketahui, untuk tahun ini kegiatan dibuat berbeda dengan dilakukan secara virtual. Sedang tahun-tahun sebelumnya digelar secara tatap muka selama satu pekan.

 

Editor: A Habiburrahman


Pendidikan Terbaru