Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ansor-Banser di Pasuruan Perbaiki Pipa Sumber Air Warga

Ansor-Banser di Pasuruan Perbaiki Pipa Sumber Air Warga
Upaya Ansor dan Banser memperbaiki pipa saluran air milik warga di Pasuruan. (Foto: NOJ/ISt)
Upaya Ansor dan Banser memperbaiki pipa saluran air milik warga di Pasuruan. (Foto: NOJ/ISt)

Pasuruan, NU Online Jatim

Gerak cepat dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan satu regu Pimpinan Ranting (PR) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Desa Watulumbung, Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Mereka bersama pemerintah desa setempat memperbaiki pipanisasi air yang bersumber dari Air Terjun Madakaripura, Sabtu (13/03/2021).

 

Menurut Purnawirawan, inisiatif memperbaiki pipa aliran air tersebut dilakukan karena sudah beberapa hari sejumlah dusun di desa yang aliran sumbernya dari air terjun Madakaripura tidak mendapatkan air.

 

"Biasanya saat musim penghujan ketika air tersumbat keluarnya tidak lancar, paling tiga atau lima hari, tapi ternyata ini sampai sepuluh hari masih tidak mengalir. Akhirnya kami bergerak," ujar Sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Lumbang tersebut di sela perbaikan saluran pipa air.

 

Pria asal Desa Watulumbung tersebut bersyukur karena inisiatif untuk memperbaiki pipa air oleh Banser mendapatkan dukungan dari pemerintah desa.

 

“Pagi ini kami bergerak bersama," jelasnya.

 

Lebih lanjut, Cak Pur, sapaan akrabnya, menjelaskan terkait penyebab rusaknya beberapa pipa utama saluran air dikarenakan longsor yang terjadi sebelumnya.

 

"Sekitar 10 pipa besi yang rusak. Alhamdulillah. Sekarang sudah selesai. Air sudah mulai mengalir lancar. Semoga aliran airnya tidak terhambat lagi," harap alumnus Pesantren Al-Yasini Pasuruan tersebut.


Editor:
F1 Promosi Iklan