Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Himawan Arga Satria Wijaya, Siswa Yatim dengan Segudang Prestasi

Himawan Arga Satria Wijaya, Siswa Yatim dengan Segudang Prestasi
Himawan Arga Satria Wijaya langganan juara robotik tingkat nasional. (Foto: NOJ/Sutrisno A)
Himawan Arga Satria Wijaya langganan juara robotik tingkat nasional. (Foto: NOJ/Sutrisno A)

Pasuruan, NU Online Jatim

Himawan Arga Satria Wijaya, begitulah nama lengkapnya. Peserta didik kelahiran Pasuruan, 30 Juni 2008 ini telah beberapa kali mengikuti ajang lomba robotik tingkat nasional.

 

Siswa kelas VI-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Pasuruan yang memiliki hobi menggambar dan berenang ini adalah satu di antara sekian banyak siswa MIN 2 Pasuruan yang mempunyai segudang prestasi. Bungsu dari dua bersaudara pasangan Ahmad Subari (alm) dan Ani Purwati ini telah menorehkan banyak prestasi di berbagai bidang akademik dan non akademik.

 

Prestasi yang cukup membanggakan adalah ketika Arga (sapaan akrabnya) berhasil meraih juara dua lomba robitik nasional di Jakarta, 28 Januari 2021. Masuk final pada kompetisi Madrasah Robotic Competition kategori Line Follower Analog. Ajang ini digelar Madrasah Robitic Comoetition (MRC) pertengahan 2020 dan merupakan pengalaman berharga serta mengesankan bagi Arga dan Tristan. Nama terakhir adalah teman satu tim dari MIN 2 Pasuruan yang masih duduk di kelas IV. Keduanya berhasil menyisihkan sekian ribu peserta dari seluruh daerah di Indonesia dan bertahan sampai dengan final dengan pulang meraih juara dua.

 

Yatim yang Tegar

Di antara prestasi yang tentu saja membuat bangga orang tua dan keluarga, maupun sekolah dan lingkungan, ada kejadian pilu dan haru. Bagaimana tidak, tiga hari sebelum final untuk berangkat ke Jakarta, ternyata sang ayah mengembuskan napas terakhir.

 

Namun hal tersebut tidak membuat Arga patah semangat. Dia tetap tegar dan tenang menjalani hari-hari dimana saat berjuang meraih prestasi harus kehilangan orang yang dicintai. Untuk keberangkatan ke Jakarta, selisih waktunya sekitar sepuluh hari dari lkepergian sang ayah.

 

"Mamanya sempat minta Arga mengundurkan dir,i tapi alhamdulillah acara finalnya diundur," jelas Mufida Lidiana guru pembimbing kepada NU Online Jatim, beberapa waktu berselang.

 

Belajar robitik sejak kelas 4, kini Arga sangat lihai mengisahkan sebuah cerita melalui karyanya. Bakat ini pula lah yang membuatnya sering  dikirim lembaga untuk mengikuti kontes robitik tiap tahun.

 

Pada 2018 ia bersama teman sekelas, Irsyadani dan Hamzah mengikuti kontes robitik nasional di Unair Surabaya dan masuk sepuluh besar. Sedangkan pada tahun 2019 juga dikirim kembali bersama Irsyadani untuk mengikuti kompetisi yang sama di Sun City  dan berhasil masuk 30 besar  nasional serta sempat diwawancarai oleh CNN TV.

 

Tidak hanya prestasi di bidang non akademik, keseimbangan otak kanan dan otak kirinya benar-benar nyaris sempurna. Hal ini terbukti dari prestasinya di bidang akademik termasuk kategori siswa cerdas. Pasalnya selain masuk tiga besar di kelasnya, alumni TK Insan Kamil Bulusari ini juga pernah dikirim lembaga  dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

 

Di tahun 2019 Arga berhasil menjadi juara satu mata pelajaran matematika tingkat Kecamatan Gempol dan juara tiga tingkat Kabupaten Pasuruan. Sedangkan di tahun 2020 juga mendapatkan peringkat enam tingkat Propinsi Jawa Timur pada KSM Online (matematika) yang bertempat di MAN Bangil.

 

Selain itu di mata pelajaran IPA juga pernah meraih juara satu tingkat Kecamatan Gempol dan masuk sepuluh Besar tingkat Jatim yang diselenggarakan Surya Edukasi secara online.

 

Siswa berkacamata yang aktif  mengikuti ektra kurikuler bulutangkis ini ternyata bercita-cita ingin menjadi penulis komik. Dan untuk mengenal sosok siswa berprestasi ini lebih dekat lagi, dapat datang langsung ke alamat Dusun Blimbing RT 13 RW 10 Desa Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Atau bisa melihatnya di YouTube maupun chanel CNN.

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim