Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Jumat Berkah, LAZISNU di Madiun Bagikan Makanan untuk Jamaah

Jumat Berkah, LAZISNU di Madiun Bagikan Makanan untuk Jamaah
Jumat Berkah ala LAZISNU Saradan, Madiun yang menyediakan makanan dan minuman untuk jamaah. (Foto: NOJ/Mirna NA)
Jumat Berkah ala LAZISNU Saradan, Madiun yang menyediakan makanan dan minuman untuk jamaah. (Foto: NOJ/Mirna NA)

Madiun, NU Online Jatim

Jumat disebut sebagai sayyidul ayyam atau penghulu segala hari. Sudah barang tentu sangat ideal bila mengisi dengan kegiatan yang sarat manfaat. Sebagaimana dilakukan Pengurus Anak Cabang (PAC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Mereka menggelar aksi sosial berupa Jumat Berkah.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Baitul Ihsan, Dusun Kedunglumbu, Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan, pada Jumat (12/02/2021).

 

“Jumat berkah merupakan gerakan sosial dengan memberikan sedekah makanan dan minuman kepada jamaah shalat Jumat,” kata Galang Riswanto.

 

Ketua PAC LAZISNU Kecamatan Saradan tersebut menegaskan bahwa program yang ada akan digelar setiap Jumat dengan lokasi yang berbeda. Pelaksanaannya juga nantinya diserahkan kepada pengurus LAZISNU yang berada di desa setempat.

 

"Pelaksanaan kegiatan ini diserahkan kepada pengurus LAZISNU di desa yang mendapat giliran Jumat berkah,” terangnya. Seusai shalat Jumat, sedekah langsung diberikan kepada semua orang yang shalat Jumat di masjid tersebut, lanjutnya.

 

Para jamaah masjid tentu saja mendukung kegiatan ini. Karena itu, mereka juga mendukung dengan berpartisipasi aktif dalam mengumpulkan dana untuk acara Jumat Berkah.

 

"Awalnya dari LAZISNU anggarannya 2 pekan sekali, namun berkat semangat dari jamaah masjid setempat, dana tersebut dikembangkan sehingga kegiatan Jumat berkah dapat dilaksanakan tiap pekan," tuturnya.

 

Lelaki yang akrab disapa Galang ini mengatakan gerakan Jumat berkah bertujuan menambah semangat warga untuk shalat Jumat. Dengan kegiatan tersebut juga dapat mempererat silaturahim antarjamaah.

 

“Karena selesai shalat Jumat, jamaah dapat saling berbincang sambil menikmati makanan serta tak jarang saling bermusyawarah,” terangnya.

 

Dirinya berharap dari kegiatan ini, banyak manfaat yang bisa dipetik. Tidak semata semangat berbagi, juga demi menjaga kebersamaan.

 

"Harapannya agar bisa memperkuat ukhuwah islamiyah bagi jamaah di Kecamatan Saradan," pungkas dia.

 

Penulis: Mirna Nur Asyiah

Bank Jatim (31/7)