Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Kader Ansor Asal Jombang Juara Lomba Adzan di Jepang

Kader Ansor Asal Jombang Juara Lomba Adzan di Jepang
Muhammad Vaisal menunjukkan penghargaan yang diterimanya sebagai juara 1 lomba adzan di Jepang, Ahad (Foto: NOJ/ Adi).
Muhammad Vaisal menunjukkan penghargaan yang diterimanya sebagai juara 1 lomba adzan di Jepang, Ahad (Foto: NOJ/ Adi).

Jombang, NU Online Jatim

Muhammad Vaisal (22), Kader Ansor asal Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang berhasil meraih juara 1 lomba adzan di Jepang. Lomba ini diselenggarakan Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jepang dalam rangka memperingati Hari Santri 2020 dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

Lomba tersebut diselenggarakan secara online mulai tanggal 13 November 2020. Sedangkan pada tanggal 20 November 2020 panitia mengumumkan Vaisal sebagai juara pertama mengungguli peserta lainnya.

 

Atas prestasinya itu, Vaisal yang merupakan mantan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Perak, Jombang ini berhak mendapatkan uang pembinaan  serta piagam dan trofi penghargaan yang diserahkan panitia hari ini, Ahad (22/11/2020). Penyerahan hadiah ini sekaligus dilaksanakan pembacaan shalawat akbar di Jepang.

 

Dalam rangkaian ajang ini PCI Ansor Jepang mengadakan 4 jenis lomba. Yaitu lomba adzan, kaligrafi, lagu religi serta MTQ yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai wilayah di Jepang.

 

Vaisal bersyukur atas prestasi yang telah dicapainya. Ia juga bersyukur Allah SWT memberikan kelancaran baginya dalam mensyiarkan agama Islam di Jepang. "Alhamdulillah, bagi saya juara bukan tujuan utama saya. Namun, mensyiarkan agama Islam lebih utama, sebab disini masih minoritas," ungkap Vaisal yang juga kader Ansor PCI GP Ansor Jepang tersebut.

 

Menurutnya dengan mendapatkan juara ini bisa menjadikan pribadinya lebih baik. “Insyaallah tetap rendah diri, tidak sombong, terus belajar dan berkreasi serta tetap istiqamah dalam syiar agama Islam di Jepang. Mau ikut ormas apapun yang terpenting tetap istiqamah dalam mensyiarkan agama Islam yang rahmatal lil ‘alamin," bebernya.

 

Bagi Vaisal, keberadaan GP Ansor Jepang telah bisa mewadahi dirinya sebagai warga negara Indonesia untuk berkreasi serta mensyiarkan agama Islam dengan lebih mudah.

 

"Semoga Ansor Jepang dan organisasi Islam lainnya yang ada di Jepang bisa lebih maju lagi lebih sukses kedepannya," pungkasnya.

 

 


 

Sebelumnya Muhammad Vaisal, juga pernah mendapatkan prestasi sama di ajang lomba adzan yang diselenggarakan Viking Japan. Ketika itu dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha bagi umat Islam di Jepang pada tanggal 12 - 22 Agustus 2020 lalu.

 

Penulis: Adi

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah