Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Kaderisasi Ideal Jadi Fokus Rakercab IPNU-IPPNU Jember

Kaderisasi Ideal Jadi Fokus Rakercab IPNU-IPPNU Jember
Pelantikan tim instruktur PC IPNU-IPPNU Jember. (Foto: NOJ/M Haris)
Pelantikan tim instruktur PC IPNU-IPPNU Jember. (Foto: NOJ/M Haris)

Jember, NU Online Jatim

Bagaimana kepemimpinan di masa mendatang sangat ditentukan oleh kader saat ini. Karenanya, sejumlah terobosan harus dilakukan agar upaya ke arah sana sesuai harapan.

 

Semangat itu pula yang mengemuka pada Rapat Kerja Cabang atau Rakercab Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jember. Kegiatan mengambil tema 'Sirnalah Gelap, Terbitlah Terang' tersebut berlangsung Ahad, (18/04/2021).

 

Acara yang dipusatkan di Aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jember tersebut dilakukan secara semi virtual.

 

Di sela pembukaan, diisi dengan pelantikan tim instruktur yang mana tugasnya mengawal seluruh pengkaderan IPNU IPPNU di Kabupaten Jember untuk lebih baik dan berkualitas.

 

Alfan Hairul Ikhwan menyampaikan salah satu visi PC IPNU-IPPNU Jember yaitu mengoptimalkan pelajar menuju kader ideal di tahun 2026.

 

"Di dalam buku pedoman kaderisasi tahun 2004 dijelaskan berbagai kriteria kader ideal yang mana nantinya itu akan dijadikan patokan kami menuju kader ideal ditahun 2026," katanya.

 

Ketua PC IPNU Jember tersebut memaparkan beberapa klasifikasi kader ideal yang ada di buku pedoman kaderisasi tersebut.

 

"Di dalam buku pedoman kaderisasi tahun 2024 dijelaskan bahwa ada beberapa klasifikasi kader ideal yang dapat dijadikan pedoman, yaitu berideologi ke-NU-an yang kuat, Memiliki skil keilmuan andal, profesional, militan, disiplin dan memiliki kredibilitas tinggi,” jelasnya. Dan yang juga tidak kalah penting adalah kemandirian ekonomi, lanjutnya.

 

Sarjana Universitas Islam KH Ahmad Siddiq Jember tersebut menjelaskan, dalam mensukseskan visi PC IPNU IPPNU ke depan ada beberapa misi yang harus dilakukan bersama.

 

Dirinya berharap, IPNU dan IPPNU bisa berkolaborasi dan saling bekerja sama untuk menyukseskan program kerja yang sudah direncanakan.

 

“Oleh karena itu kami memohon kepada semua untuk semangat dalam menyukseskan program kerja tersebut," pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah

 

PWNU Jatim