• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 27 April 2024

Tapal Kuda

Ma'arif NU Banyuwangi Pertanyakan Pendirian SMK Negeri di Glenmore

Ma'arif NU Banyuwangi Pertanyakan Pendirian SMK Negeri di Glenmore
Kreasi dari siswa SMK NU Miftahul Falah, Glenmore, Banyuwangi. (Foto: NOJ/KJi)
Kreasi dari siswa SMK NU Miftahul Falah, Glenmore, Banyuwangi. (Foto: NOJ/KJi)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyuwangi mempertanyakan alasan mendesak dari akan didirikannya Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) Glenmore. Rencananya, sekolah tersebut akan dibangun di Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore.

 

"Apa urgensinya didirikan sekolah negeri di Glenmore, padahal sangat berdekatan dengan lima SMK swasta, kami menyayangkan hal tersebut," kata Zaki Al Mubarok, Ketua PC LP Ma'arif NU Banyuwangi, Kamis (19/08/2021).

 

Lima sekolah swasta tersebut antara lain, SMK Raudlatussalam yang berjarak 500 meter dari rencana lokasi. Demikian pula di sekitarnya ada SMK NU Miftahul Falah, SMK Al-Azhar, SMK Muhammadiyah, dan SMK PGRI Sempu.

 

Menurut Zaki sapaan akrabnya, daripada membelanjakan dana pemerintah untuk mendirikan sekolah baru, lebih baik digunakan untuk membantu lima SMK sekitar. Hal tersebut penting untuk peningkatan sarana prasarana serta penguatan kualitas sumber daya manusia.

 

"Bahkan di antara SMK swasta tersebut ada yang tidak mencapai pagu di penerimaan peserta didik baru tahun 2021/2022," ungkapnya.

 

Terlebih di masa pandemi, menurutnya sekolah swasta justru harus semakin dijadikan titik perhatian pemerintah.

 

"Baik sekolah negeri dan swasta tidak boleh ada diskriminasi, sesuai undang-undang sistem pendidikan nasional,” jelasnya.

 

Dirinya kemudian menunjukkan aturan dimaksud yakni no. 20 tahun 2003 Pasal 11 tentang sistem pendidikan nasional.

 

Penulis: Rivani Noer Maulidi

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru