Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Blitar Terima Amanah Wakaf Masjid hingga Pesantren

NU Blitar Terima Amanah Wakaf Masjid hingga Pesantren
Bangungan Masjid, Sekolah serta Pesantren yang di wakafkan ke PCNU Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nurfitriani).
Bangungan Masjid, Sekolah serta Pesantren yang di wakafkan ke PCNU Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nurfitriani).

Blitar, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar menerima amanah wakaf dari Nahdliyin, Sabtu (31/07/2021). Wakaf tersebut yaitu Masjid At-Tubana, dan aset sekolah sekaligus pondok pesantren di Dusun Ngampel, Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

 

Wakaf ini diserahkan keluarga H Nur Ali, warga Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Penyerahan dilakukan di Masjid At-Tubana.

 

Proses penyerahan wakaf ini dihadiri KH Ardani Ahmad Rais Syuriah, KH Masdain Rifai Ahyad Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten beserta jajarannya. Selain itu hadir pula pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Ponggok, Suparman Kepala Desa Candirejo beserta jajaranya dan para pengasuh pondok pesantren.

 

Muhammad Nur Kamilin, wakil dari pihak keluarga mengungkapkan bahwa wakaf ini merupakan wasiat dari almarhum H Ali Mahrus yang merupakan anak pertama H Nur Ali. Almarhum berpesan supaya sekolah dan pondok pesantren tersebut sebisa mungkin harus di bawah naungan NU.

 

Oleh karenanya, pihak keluarga mewakafkan masjid sekaligus aset sekolah dan pondok pesantren agar dikelola PCNU Kabupaten Blitar.

 

“Ini merupakan wujud kecintaan almarhum kepada NU. Selain itu juga keaktifan beliau di NU meskipun tidak menjabat sebagai pengurus semasa hidupnya. Ia juga dekat dengan tokoh NU, KH Marzuqi Mustamar,” ujar Kamilin kepada NU Online Jatim.

 

Menurutnya, pihak keluarga berharap PCNU dapat membantu pengelolaan sekolah sekaligus pondok pesantren yang rencananya akan ada tiga tingkatan. Yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Tsanawiyah, (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Adanya sekolah sekaligus pondok pesantren yang akan dinaungi oleh NU diharapkan juga dapat membawa perubahan di lingkungan sekitar.

 

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Blitar KH Masdain Rifai Ahyad menyambut baik amanah wakaf tersebut. Ia memastikan, NU sebagai organisasi akan melindungi dan mengayomi kegiatan Amaliyah dan Ubudiyah An-nahdliyah.

 

 

“NU tidak memiliki apa-apa kecuali semangat dan ikhtiar untuk melaksanakan amanah, semangat dan ikhtiar untuk melaksanakan amal sholeh untuk kebaikan umat,” pungkasnya. 

 

Editor: Romza


Editor:
F1 PWNU Jatim