Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pondok Kilat di Masjid, Cara Pelajar NU Jember Isi Kegiatan Ramadlan

Pondok Kilat di Masjid, Cara Pelajar NU Jember Isi Kegiatan Ramadlan
Salah satu kegiatan pondok kilat yang diadakan PAC IPNU-IPPNU Ledokombo, Kabupaten Jember. (Foto: NOJ/ Mohammad Haris).
Salah satu kegiatan pondok kilat yang diadakan PAC IPNU-IPPNU Ledokombo, Kabupaten Jember. (Foto: NOJ/ Mohammad Haris).

Jember, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember mengadakan ‘Pondok Kilat’ khusus Ramadlan. Kegiatan ini dilaksanakan di masjid  At-taqwa Nurul Hidayah dan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nuruz Zaman desa Lembengan, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember sejak hari Jum'at, (16/04/2021) hingga Rabu, (21/04/2021).

 

Romlatul Hasanah menjelaskan, ‘Pondok Kilat’ ini dilaksanakan guna mengisi kegiatan para pelajar di bulan suci Ramadlan dengan hal-hal yang berguna agar mereka tidak hanya santai saja.

 

"Kita melihat bahwa di bulan suci Ramadlan ini agenda study di sebagian pendidikan itu diliburkan, oleh karena itu kita dari PAC IPNU-IPPNU Ledokombo tidak ingin para pelajar yang sekolahnya libur hanya santai-santai saja, mereka harus bisa mendapatkan tambahan ilmu yaitu dengan adanya pondok kilat ini," ungkapnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (17/04/2021).

 

Selain itu, Ketua PAC IPPNU Ledokombo tersebut mengungkapkan bahwa tujuan adanya pondok kilat ini juga untuk melatih para pelajar agar memiliki jiwa sosial yang baik.

 

"Mereka harus memiliki jiwa sosial yang baik dan mampu berteman bukan hanya di lingkungan mereka namun juga di lingkungan luar," lanjutnya.

 

Adapun konsep pembelajaran di Pondok Kilat ini, para pelajar diajarkan ilmu agama dan sosial dengan konsep belajar sambil bermain.

 

"Disini mereka kita ajarkan materi lalu kemudia praktik, yang mana kita lakukan dengan santai sambil bermain agar mereka tidak sumpek dan nyaman dalam suasana pembelajaran di bulan puasa ini," jelas Romla sapaan akrabnya.

 

Sementara Hikam, Ketua PAC IPNU Ledokombo berharap dengan adanya kegiatan ini anggota IPNU IPPNU bisa peduli terhadap masyarakat sekitar.

 

 

"Harapan pribadi, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini semoga IPNU dan IPPNU bisa lebih reflek terhadap masyarakat sekitar terutama terhadap kalangan pelajar, dan semoga IPNU dan IPPNU menjadi uswah (teladan) di kalangan pelajar saat ini," pungkasnya.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim