Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Santri Harusnya Dilindungi Bukan Jadi Sasaran Asusila

Santri Harusnya Dilindungi Bukan Jadi Sasaran Asusila
Isitmewa
Isitmewa

Jombang, NU Online Jatim

Pekan lalu, warga Kabupaten Jombang dikagetkan dengan terungkapnya kasus asusila yang dilakukan oknum kiai berinisial Sb terhadap belasan santriwatinya. Sb merupakan pengasuh salah satu pesantren di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

 

Kasus ini kemudian menuai rekasi dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Ketua DPRD Jombang, Subaidi Mukhtar. “Menurut saya harus diberi hukuman yang keras terhadap dia (pelaku). Dengan pelanggaran Undang-Undang perlindungan anak. Perlu dihukum maksimal,” katanya kepada NU Online Jatim.

 

Selain Subaidi, rekasi juga datang adri Jaringan Alumni Santri Jombang (JASiJO) yang mengapresiasi kinerja kepolisian karena berhasil mengungkap kasus tersebut.

 

Aan Anshori, Ketua JASiJO Jombang mengatakan, peristiwa ini menunjukkan perlunya perlindungan yang baik terhadap perempuan. “JASiJO mendukung kepolisian membongkar kasus ini secara lebih dalam. Sangat mungkin terdapat korban lain dalam peristiwa ini. Penyelidikan dan penyidikan harus bersifat transparan dan akuntabel. Pelaku harus dihukum seberat-beratnya. Hak para korban harus dipulihkan,” ujarnya.

 

 

Menurutnya, semua elemen perlu menyikapi peristiwa ini supaya tidak terulang kembali. Serta tidak mencoreng nama baik pesantren. “Mereka (Pemkab, DPRD dan lainnya) jelas memiliki lebih dari sekedar kewajiban moral atas nama agama maupun pesantren untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi,” ungkap Aan.

Iklan promosi NU Online Jatim