• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Matraman

Serunya Babak Final Rangkaian Hari Santri di Nganjuk

Serunya Babak Final Rangkaian Hari Santri di Nganjuk
Suasana grand final perlombaan hari santri di Kabupaten Nganjuk (Foto: NOJ/Hafidz Yusuf)
Suasana grand final perlombaan hari santri di Kabupaten Nganjuk (Foto: NOJ/Hafidz Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Ajang perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Santri 2021 Kabupaten Nganjuk telah sampai kepada babak final. Sebanyak 27 finalis dari masing-masing perlombaan tampil menyuguhkan penampilan terbaiknya.

 

“Hari ini ada empat perlombaan yang memasuki babak final yaitu lomba poster, lomba story tokoh Islam, lomba baca kitab dan lomba tahlil,” kata ketua panitia, H Subhan Aburizal kepada NU Online Jatim, di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Ahad (17/10).

 

Subhan bersyukur dengan adanya perlombaan tersebut dapat menangkap animo masyarakat terkait peringatan hari santri.

 

“Ini menarik karena dalam pelaksanaan berbagai lomba kita tidak hanya melihat santri dari bingkai tradisionalis. Tapi juga melihat frame lain yakni dari unsur modern dan digitalis,” ujarnya.

 

Disampaikan Subhan, kegiatan positif seperti ini akan terus diselenggarakan setiap tahunnya baik oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk atau bekerja sama dengan pemerintah daerah.

 

“Bukan hanya pada hari santri saja, tapi hari-hari besar yang bisa para santri dan pemuda ikut berkontribusi dan ambil bagian di setiap kesempatan,” tuturnya.

 

Salah satu pendamping lomba story tokoh Islam, Muh Irfan mengaku senang peserta didiknya dapat menjadi finalis. Ia menilai melalui ajang itu dapat mengasah kemampuan dan kreativitas anak dan memacu anak untuk lebih aktif.

 

Apalagi, lanjut Irvan, yang dibidik merupakan remaja dan anak usia sekolah. Menurutnya, pertumbuhan psikomotorik dan kognitif remaja tersebut perlu dipacu dan diisi dengan ilmu agama agar semakin tajam.

 

“Sehingga dengan dasar pengetahuan dan pengalaman yang didapat di waktu kecil, menjadi pegangan hidup ketika dewasa nanti. Karena itu penting dikenalkan dengan lomba keagamaan,” pungkasnya.

 

Sebagai informasi, pengumuman juara akan disampaikan pada puncak peringatan hari santri tanggal 26 Oktober di Pendopo Kabupaten Nganjuk sekaligus penyerahan hadiah.
 

Penulis: Hafidz Yusuf
Keterangan:
 


Editor:

Matraman Terbaru