Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sonjo Kampung, Cara LAZISNU di Banyuwangi Layani Umat

Sonjo Kampung, Cara LAZISNU di Banyuwangi Layani Umat
LAZISNU Sonjo Kampung di Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: NOJ/HM)
LAZISNU Sonjo Kampung di Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: NOJ/HM)

Banyuwangi, NU Online Jatim

NU-Care Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) di Kabupaten Banyuwangi bersemangat untuk melayani umat hingga tingkat ranting. Salah satunya Pengurus Ranting LAZISNU Kebaman, Kecamatan Srono. Untuk melayani umat, khususnya warga kurnag mampu, LAZISNU di sini membuat program bernama LAZISNU Sonjo Kampung.

 

Program tersebut terdiri dari rangkaian acara pertunjukan kesenian daerah, santunan anak  yatim, dan dluafa serta pengajian yang diisi mubaligh secara bergantian. Ketua PR LAZISNU Kebaman Seger Al Imron mengatakan, kegiatan yang rutin dilakukan sebulan sekali itu menggandeng badan otonom NU dan para milenial setempat.

 

“Setiap tanggal 15 atau pertengahan bulan, kami dari LAZISNU mengadakan santunan anak yatim dan dluafa yang dikemas dalam acara LAZISNU Sonjo Kampung dan kegiatan ini mendapatkan respon baik dari warga setempat serta para pengurus NU di Kecamatan,” katanya kepada NU Online Jatim pada Rabu (16/06/2021).

 

LAZISNU Sonjo Kampung digelar dengan maksud menunaikan amanah dari para donator sekaligus bentuk pelayanan umat, sesuai dengan visi dan misi LAZISNU.

 

“Kami mendapat amanah dari para donatur, dana dihimpun dari masyarakat dan dikembalikan lagi kepada masyarakat,” tambahnya.

 

Menurut pria yang sudah aktif di LAZISNU selama tiga tahun tersebut, setidaknya setiap bulan terdapat lima anak yatim dan lima dluafa yang menerima santunan.

 

“Setiap penerima santuan mendapatkan masing-masing bantuan berupa uang sejumlah Rp1 juta dan bukan hanya itu, dari pihak LAZISNU Desa Kebaman, beserta jajaran juga membantu warga yang mengalami kelainan jiwa,” papar Seger.

 

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Seger, masyarakat diharapkan mengenal apa itu LAZISNU dan menyadari bahwa sebagian dari harta masyarakat adalah hak orang lain.

 

“Progress ke depan, LAZISNU Kebaman akan bersinergi dengan pemerintah wilayah serta banom NU, untuk berjalan bersama demi membesarkan syiar Ahlussunnah wal Jamaah,” pungkas Seger.

 

Editor: Nur Faishal

Bank Jatim (31/7)