Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

TPQ di Tulungagung ini Ajak Santri Bahagia Saat Maulid Nabi

TPQ di Tulungagung ini Ajak Santri Bahagia Saat Maulid Nabi
Para santri TPQ Al-Ikhlas Desa Gondang, Kecamatan Bandung, Kabupaten tulungagung saat mengikuti perlombaan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. (Foto: NOJ/ Hida)
Para santri TPQ Al-Ikhlas Desa Gondang, Kecamatan Bandung, Kabupaten tulungagung saat mengikuti perlombaan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. (Foto: NOJ/ Hida)

Tulungagung, NU Online Jatim

Semarak Maulid Nabi Muhamamad SAW tidak henti-hentinya diperingati oleh berbagai kalangan di bawah naungan Nahdhatul Ulama (NU). Salah satunya di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al - Ikhlas  yang berada di Desa Gandong, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung.

 

"Acara ini digelar sebagai bentuk ikut serta memperingati Maulid Nabi Muhamamad SAW dengan cara sederhana tanpa mengurangi kecintaan kita kepada Rasulullah," ungkap Mifatahul Huda, Pengasuh TPQ Al Ikhlas kepada NU Online Jatim, Senin (02/11/2020).

 

Pria yang juga Ketua Pimpinan Ranting (PR) Ansor Gandong ini menambahkan, perlombaan yang dilaksanakan adalah dolanan anak yang kini mulai memudar. Sehingga lomba ini sebagai upaya memperkenalkan kembali dolanan anak-anak dan mengurangi santri untuk menggunakan gawai.

 

"Lomba yang kami gelar diantaranya yaitu: bendera dalam botol, balap sendok kelereng, estafet air, dan memasukkan pensil ke dalam botol. Terakhir Hari Jumat (06/11/2020) akan ditutup dengan acara ancak jajan dan membawa bekal makan bersama, istilah di Tulungagung adalah takir," jelasnya.

 

 

Ia menambahkan, pada penutupan acara tidak hanya ancak jajan, tetapi juga penampilan banjari dan shalawat dari para santri. "Maulid adalah peristiwa kelahiran Nabi Muhammad, dimana alam semesta dan seisinya pun ikut berbahagia. Maka sebagai upaya memperkenalkan Maulid Nabi Muhammad kepada santri yang masih balita, kami kemas sederhana untuk dapat diterima serta membuat para santri bahagia," tandasnya.

 

Acara ini digelar di halaman TPQ yang diikuti oleh kurang lebih 60 santri. Rasa bahagia itu pun terlihat dari canda tawa para santri.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah