• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Bupati Lumajang Sebut LAZISNU Layak Jadi Percontohan Pemberdayaan Masyarakat

Bupati Lumajang Sebut LAZISNU Layak Jadi Percontohan Pemberdayaan Masyarakat
Bupati Lumajang saat hadir di peresmian kantor LAZISNU Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan)
Bupati Lumajang saat hadir di peresmian kantor LAZISNU Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan)

Lumajang, NU Online Jatim

Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq atau Cak Thoriq menyebut Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) sebagai lembaga yang sangat layak untuk dicontoh dalam pemberdayaan masyarakat berkat aksi dan giatnya. Hal itu bukan tanpa dasar, Cak Thoriq mengatakan karena melihat bagaimana peran LAZISNU yang hingga hari ini terus membantu pemerintah Lumajang dalam menangani korban erupsi Semeru.

 

Cak Thoriq memuji langkah LAZISNU yang selama ini sangat visioner. Selain paling cepat dan paling banyak membangun Hunian Sementara (Huntara) dari jatah 250 Huntara yang diberikan, LAZISNU juga memikirkan bagaimana kedepan korban Erupsi Semeru ini bisa hidup berkelanjutan.

 

"Ini sudah bagus, LAZISNU sudah membangun toko di sana dan subsisdi konsumtif untuk korban. Ini yang belum terpikirkan lembaga lain, tapi LAZISNU sudah bergerak. Maka ini bukan sekedar program, tapi ranah kelanjutannya yang akan terus dilakukan. Ini saya kira bisa jadi prototipe jika ada kejadian serupa," jelas Cak Thoriq saat hadir di peresmian kantor Sekretariat LAZISNU Lumajang, Jumat (12/08/2022).

 

Cak Thoriq mengatakan, semakin hari kemajuan NU dalam segala hal terutama LAZISNU itu semkain terekspos dalam kehadirannya lewat program keumatannya. Jaringan besar Nahdliyin di berbagai pelosok desa tentu menjadi nilai tersendiri bagi LAZISNU untuk semakin mengatur tata kelolanya dengan baik.

 

"Dulu setiap Muharram secara masyarakat sporadis membantu yatim dhafa. Namun ketika ada LAZISNU komponen ini dapat semakin terorganisir dengan baik,termasuk ketika ada kejadian-kejadian yang disitu peran NU harus tampak, contoh erupsi Semeru," lanjut Bupati yang juga Komandan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Lumajang ini.


Maka Cak Thoriq berharap, sesuatu yang menjadikan masyarakat semakin percaya kepada LAZISNU agar terus dipertahankan. Tentu amanah ini menurut Cak Thoriq harus dijaga betul dengan manajemen yang lebih baik dan  profesional.


"Ada kelompok lain yang fokus melakukan penggalan donasi, akhirnya ada persoalan di internal yang seperti itu. Kpercayaan yang sudah tumbuh dari masyarakat kepada mereka malah hancur. Maka faktanya, LAZISNU begitu lebih dipercaya," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru