• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Kediri Raya

Talkshow Fatayat NU Korsel, Bahas Tantangan menjadi Muslimah Istikamah

Talkshow Fatayat NU Korsel, Bahas Tantangan menjadi Muslimah Istikamah
Selebgram asal Korea Selatan, Ayana Jihye Moon. (Foto: NOJ/Liputan6)
Selebgram asal Korea Selatan, Ayana Jihye Moon. (Foto: NOJ/Liputan6)

Blitar, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Fatayat NU Korea Selatan menggelar Talkshow yang bertajuk 'Tantangan Menjadi Muslimah Istiqomah di Korea Selatan ini dilaksanakan secara virtual melalui live Zoom Meeting, TVNU dan Youtube, Ahad (21/11/2021).

 

Acara tersebut menghadirkan dua tokoh perempuan inspiratif, Ning Nurul Hidayati, Demisioner Ketua PCI Fatayat NU Korea Selatan dan Selebgram cantik asal Korea Selatan, Ayana Jihye Moon. Keduanya sangat dikenal di kalangan masyarakat Korea, pasalnya peran mereka dalam perkembangan Islam yang berhaluan Ahlussunnah wal Jamaah Annahdliyah di negeri ginseng tersebut memiliki pengaruh besar, khususnya kaum muslimah masa kini.

 

"Sudah saatnya perempuan masa kini memiliki peran dalam kemajuan Islam, hadapi tantangan dengan keteguhan iman dan taqwa," kata Ning Nurul Hidayati saat jadi pemateri.

 

Ning Abel sapaan akrabnya juga menuturkan, berkat berdirinya NU di Korea Selatan, sebaran Islam menunjukkan perkembangan yang signifikan.

 

"Sebelumnya kedudukan Islam terbilang minoritas, untuk beribadah hingga menemukan makanan halal terbilang sulit. Sehingga sudah menjadi tugas penggerak NU untuk memberi warna baru menyelaraskan budaya lokal yang kemudian diaplikasikan dengan ajaran Islam," terangnya.

 

Menurut Ning Abel, ada tiga upaya untuk tetap istikamah dalam berdakwah, yaitu niatkan segala usaha karena Allah untuk semata mencari ridla-Nya. Kemudian poin kedua jadikan tugas dan khidmah tersebut sebagai amanah serta peran perempuan dalam peradaban dunia memiliki peran yang sangat penting.

 

"Kunci utama dalam berkhidmah itu ikhlas, berani berjuang dan istikamah. Mari bersinergi dalam mensyiarkan Islam dengan kokohkan generasi Nahdliyin," imbuhnya.

 

Dirinya pun merasa yakin NU di Korea akan semakin berkembang, upayanya melibatkan mahasiswa asal Indonesia dan TKI usia muda untuk memberikan pendampingan dan turut serta menjadi bagian dari pejuang NU di tanah rantau.

 

"Terbukti, berkat ikhtiar yang dilakukan PCINU beserta kaum muslimah Korea Selatan, kini sudah banyak kita temui bangunan Masjid NU di berbagai daerah beserta fasilitas yang memadai, juga tersedianya kedai makanan halal," ujarnya.

 

Diketahui, acara Talkshow tersebut dihadiri KBRI Seourus PCI Fatayat NU Korea Selatan serta puluhan Kader Fatayat NU dan Muslimah muda dari sejumlah Negara di Asia, meliputi Indonesia, Malaysia, Hongkong, hingga Tiongkok.


Kediri Raya Terbaru