• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Parlemen

DPRD Ponorogo Minta Kaji Ulang Kenaikan Tiket Wisata Telaga Ngebel

DPRD Ponorogo Minta Kaji Ulang Kenaikan Tiket Wisata Telaga Ngebel
Sunarto selaku Ketua DPRD Ponorogo memberikan keterangan di hadapan insan media. (Foto: NOJ/Zen M)
Sunarto selaku Ketua DPRD Ponorogo memberikan keterangan di hadapan insan media. (Foto: NOJ/Zen M)

Ponorogo, NU Online Jatim
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo meminta kenaikan tiket wisata Telaga Ngebel dikaji ulang. Karena kenaikan harga tiket yang hampir dua kali lipat berpotensi menimbulkan efek berantai. Pertimbangan sejumlah hal hendaknya dikedepankan agar kepurusan tersebut tidak malah kontra produktif.


Sunarto selaku Ketua DPRD Ponorogo mengatakan bahwa kenaikan itu bisa memengaruhi penurunan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Oleh sebab itu dirinya meminta kenaikan retribusi tiket masuk di Telaga Ngebel agar dikaji secara komprehensif. Bila diperlukan bisa mengajak banyak kalangan untuk diajak berdiskusi agar menemukan solusi terbaik.


"Agar tidak memberatkan semua pihak," katanya usai Rapat Paripurna di gedung DPRD Ponorogo, Senin (28/10/2022). 


Sunarto mengungkap output dari kenaikan tiket itu untuk meningkatkan PAD. Tetapi, dengan kenaikan harga tiket masuk di Telaga Ngebel yang hampir dua kali lipat, berpotensi menurunkan kunjungan wisatawan.Oleh sebab itu, yang harus dilakukan pengelola dan pemerintah setempat adalah memastikan apakah kenaikan tiket sebagai solusi satu-satunya. Menurutnya, masih ada opsi lain yang bisa ditenmpuh untuk menaikkan pemasukan.


"Juga berdampak pada penurunan PAD, ketika kenaikan itu mencapai hampir dua kali lipat," tegasnya. 


Ia menambahkan jumlah pembeli berpotensi turun apabila tingkat kunjungan wisatawan terdampak kenaikan harga tiket masuk. Untuk itu pihaknya ingin Pemkab Ponorogo merespons kebijakan ini dan menindaklanjuti kembali tiket masuk di Telaga Ngebel.


"Bagaimanapun juga, ini merupakan bagian dari aspirasi masyarakat secara mayoritas," pungkasnya.


Sebelumnya harga tiket masuk masuk wisata Telaga Ngebel adalah 8 ribu rupiah. Kemudian oleh Pemkab dinaikan menjadi 15 ribu rupiah. (Adv)


Editor:

Parlemen Terbaru