Pendidikan

FEB Unisma Gelar Studi Pelayanan Masyarakat Digital Marketing

Senin, 8 Juli 2024 | 12:00 WIB

FEB Unisma Gelar Studi Pelayanan Masyarakat Digital Marketing

Pembukaan Community Service Studies atau studi pelayanan masyarakat oleh Dekan FEB Unisma. (Foto: NOJ/suarajatim)

Malang, NU Online Jatim

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) menggelar Community Service Studies atau studi pelayanan masyarakat.


Dekan FEB Unisma Prof, Nordiana SE MSi CMA CBV CERA mengapresiasi kegiatan sosial ini. Dengan begitu seluruh pembelajaran dan program kerja organisasi mahasiswa fakultas ini sudah diakui Internasional.


"Bentuk dari Community Service Studies kali ini dengan memberikan edukasi mengenai digital marketing kepada Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Kedung Banteng," ujarnya.


Sementara Kepala Prodi Manajemen FEB Unisma, Budi Wahono SE MM. menerangkan, setiap tahun pihaknya selalu rutin menggelar Community Service Studies.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Kedung Banteng juga mengapresiasi kegiatan Community Service Studies ini. Pihaknya pun membuka pintu lebar dan siap menampung mahasiswa dari berbagai macam macam kampus untuk menggelar pengabdian masyarakat. 


Di acara ini, penyuluhan materi pertama yang disampaikan oleh Dosen FEB Unisma, Tri Sugiarti Ramadhan SE MM. Ia memberikan edukasi tentang digital marketing mengenai cara mendapatkan strategi pasar sesuai target dengan cara yang tepat. 


Tentunya harus memegang dua poin penting yaitu dengan cara membuat keunikan pada produk yang sedang dikembangkan, dan menjadikan produk tersebut menjadi produk keunggulan. 


Materi yang kedua yaitu tentang financial, tidak jauh berbeda dengan strategi marketing. Sharing ilmu ini disampaikan oleh Dr Nur Hidayah SE MM yang memberikan pemaparan tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


Kegiatan Community Service Studies (CSS) ini memang fokus pada pembinaan UMKM di Desa Kedungbanteng Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 


Pembinaan UMKM ini diantaranya dengan membentuk usaha ini menjadi 12 kelompok. Dimana setiap kelompok, Community Service Studies FEB Unisma mengunjungi setiap UMKM tersebut.