• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Maret 2024

Pendidikan

Unesa Jalin Kerja Sama terkait Pemberdayaan SDM dan Kelistrikan

Unesa Jalin Kerja Sama terkait Pemberdayaan SDM dan Kelistrikan
Unesa jalin kerja sama dengan PT PLN (Persero) di Jakarta. (Foto: NOJ/humas)
Unesa jalin kerja sama dengan PT PLN (Persero) di Jakarta. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bersama 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya menandatangani nota kesepahaman kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PLN (Persero) di Jakarta, Senin, (10/01/2023). Kerja sama PTN terbaik tanah air dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini terkait pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), penelitian dan pengembangan bidang kelistrikan.


Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa, kerja sama ini merupakan bagian dari sinergi untuk melahirkan berbagai inovasi yang sudah ditargetkan ke depan. Pihaknya hanya punya 54 peneliti, pada tahun 2023 ini sudah punya rencana untuk menghasilkan 120 produk.


“Ada yang sangat jauh antara jumlah peneliti dengan jumlah produk yang akan dihasilkan. Kerja sama ini harapannya bisa menghasilkan berbagai produk sesuai yang diharapkan dan tentunya nanti berkelanjutan,” ucapnya.


Pihaknya sudah punya klaster-klaster penelitian, mulai dari transmisi, distribusi, hingga pembangkit. Penelitian pembangkit di antaranya untuk Energi Baru Terbarukan (EBT) atau New Renewable Energy (NRE). Beberapa sumber EBT untuk pembangkit mulai dari tenaga panas bumi atau geothermal, arus laut hingga biomassa. Kerja sama pengelolaan energi transisi oleh berbagai perguruan tinggi nantinya akan dibarengi dengan program beasiswa oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).


“Arah program ini yaitu mencapai tujuan Indonesia emas 2045 lewat peningkatan kualitas mahasiswa. Target ini juga sejalan dengan program yang mendukung prioritas nasional di sektor riset publik. Beasiswa ini merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa,” terangnya.


Sementara itu, Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. mengatakan siap mensukseskan program kolaborasi yang terintegrasi dalam program prioritas nasional tersebut. Unesa memiliki sejumlah sumber daya yang mumpuni untuk mencapai tujuan kerja sama tersebut.


“Kami memiliki sejumlah periset yang tentunya memiliki pengalaman dalam meneliti energi berkelanjutan. Tentu kami siap dan bagi kami ini kolaborasi yang sangat strategis dan menentukan kejayaan Indonesia emas 2045 mendatang,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru