• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Pustaka

Sisi Kelam Masa Kekhalifahan, Membantah Doktrin Khilafah

Sisi Kelam Masa Kekhalifahan, Membantah Doktrin Khilafah
Cover buku Islam Yes, Khilafah No. (Foto: NOJ/ ISt)
Cover buku Islam Yes, Khilafah No. (Foto: NOJ/ ISt)

KH Nadirsyah Hosen atau yang kerap disapa Gus Nadir adalah cendekiawan cendekiawan muda NU yang cukup masif membantah argumentasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) soal penegakan khilafah di masanya. Tidak hanya membantah melalui kajian-kajian atau media sosial, Gus Nadir juga secara lugas menguraikan dengan jujur apa yang ia temukan dalam kitab-kitab tarikh (sejarah) tentang sisi kelam kajian di masa Khulafaur Rasydin hingga Umayyah.

 

Islam Yes Khilafah No jilid 1, adalah buku Gus Nadir yang mengulas betapa banyak kejadian biadab yang terjadi pada masa kekhalifahan, masa yang dianggap oleh kader-kader HTI sebagai masa yang sempurna sehingga harus diterapkan saat ini.

 

Secara garis besar, buku ini dibagi empat bagian. (1) Misi Nabi Muhammad dan Kepemimpinan, (2) Hadist Khilafah, Masa Khulafaur Rasyidin dan Politisasi Ayat, (3) Politik Islam dan Kekalahan Politik Keluarga Nabi, (4) Masa Khilafah Umayyah: dari Tragedi ke Tragedi.

 

Penulis menduga, judul yang diambil oleh Gus Nadir terinspirasi dengan Nurcholis Majid (Cak Nur). Pasalnya, Cak Nur pernah mengeluarkan slogan ‘Islam Yes, Partai Islam No’, yang sekilas memiliki kemiripan dengan judul yang diambil oleh Gus Nadir pada buku ini.

 

Mungkin pembaca buku ini akan terkaget-kaget ketika menemukan fakta banyak kejadian biadab terjadi di masa khalifah. Ambil contoh betapa memilukannya peristiwa Karbala, peristiwa terbunuhnya cucu Nabi Muhammad SAW, Sayyidina Husain dengan begitu keji. Adapun khalifah yang begitu adil seperti Umar bin Abdul Azis wafat karena diracun. Umar bin Abdul Azis merupakan khalifah yang harum namanya.

 

Bahkan KH Said Aqil Siradj, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam diskusi di Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo tahun 2009 mengatakan, khalifah yang baik selain khulafaur rasyidin hanya empat, yakni Umar bin Abdul Azis, Harun Ar-Rasyid, Sholahuddin Al-Ayyubi, dan Sulton Muhammad Al-Fatih.

 

Pada masa khilafah juga sering terjadi kriminalisasi ulama, seperti khalifah Abu Ja’far al-Manshur memerintahkan untuk mencambuk Imam Abu Hanifah ketika menolak sebagai hakim. Imam Abu Hanifah kemudian dipenjara sampai wafat. Disebutkan wafatnya Imam Abu Hanifah diracun karena mengeluarkan fatwa bolehnya memberontak khalifah al-Manshur.

 

Identitas Buku:

Judul Buku: Islam Yes, Khilafah No, Jilid I
Penulis: Nadirsyah Hosen
Penerbit: Suka Press
Tahun terbit: 2018
Tebal: 180 halaman
ISBN: 978-602-1326-66-4
Peresensi: Boy Ardiansyah, Guru MI Miftahul Ulum Balongmacekan dan SMP Unggulan Al-Hidayah, Kecamatan Tarik, Sidoarjo.


Pustaka Terbaru