Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Harlah Ke-61, Rancangan Buku Sejarah PMII Pasuruan Bakal Didiskusikan

Harlah Ke-61, Rancangan Buku Sejarah PMII Pasuruan Bakal Didiskusikan
E-Pamflet Diskusi yang akan dilaksanakan PC PMII Pasuruan. (Foto: NOJ/ Makhfud Syawaludin).
E-Pamflet Diskusi yang akan dilaksanakan PC PMII Pasuruan. (Foto: NOJ/ Makhfud Syawaludin).

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pasuruan akan menggelar diskusi virtual, Sabtu (17/04/2021). Kegiatan ini dilaksanakan untuk melacak sejarah lahir PMII di Pasuruan. Agenda juga dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) PMII ke-61 tahun.

 

Diskusi virtual ini akan diikuti oleh 6 (enam) tokoh pendiri PC PMII Pasuruan. Antara lain KH Achmad Ridlwan Cholil Alumni PMII UIN Surabaya, KH Kharisudin Aqib Alumni PMII UIN Surabaya, KH Sukandar Hidayat Alumni PMII UIN Surabaya, H Muslim Mustajab Ketua PC PMII Surabaya 1989-1990, Sudarto Ketua PC PMII Pasuruan pertama pada tahun 1990-1993, dan M Yusuf Suyuti Ketua PC PMII Pasuruan pada tahun 1993-1996.

 

"Kegiatan dimulai pukul 15.00 WIB dan disiarkan secara langsung di channel YouTube PC PMII Pasuruan," ujar Muhammad Ainul Yaqin Ketua Umum PC PMII Pasuruan kepada NU Online Jatim, Jumat (16/4/2021)

 

Ia juga menjelaskan bahwa berdasarkan catatan sejarah yang sudah menjadi draf buku, awal berdirinya PMII di Pasuruan adalah dipromotori oleh kader-kader PMII IAIN Sunan Ampel Surabaya (sekarang menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya) bersama 9 mahasiswa dari kampus Universitas Islam Pasuruan (UNIP) sekarang menjadi STAI Salahuddin Pasuruan dan Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana Bangil (STAIPANA).

 

Kesembilan mahasiswa tersebut yakni Moh Mundzir, Nour Ach Nasich, M Yusuf Suyuti, M Afan Dandi Adenan, M Romli, Sudarto, M Ghufron, Anis Marwiyah, dan Erni Wijayanti Muawanah.

 

"Beliau 9 orang tadi adalah kader pertama PMII di Pasuruan yang ikut Latihan Kader Dasar di Rayon Fakultas Adab PMII IAIN Surabaya. Kemudian beliau-beliau itulah yang menyebarkan benih-benih PMII ke berbagai kampus di Pasuruan," imbuh Alumni Pondok Pesantren Kramat Pasuruan itu.

 

Mas Yaqin, sapaan akrabnya, juga menuturkan bahwa dalam memperingati Harlah PMII ke 61 ini untuk menyempurnakan draf buku napak tilas 30 tahun PMII Pasuruan yang sekarang dalam proses penyusunan.

 

"Ada beberapa hal perlu kami pastikan dan lengkapi. Bismillah jadi," pungkas pria asal Kecamatan Pandaan tersebut.

 

 

Untuk rangkaian acara diskusi virtual diawali dengan pembacaan do'a yasin dan tahlil bersama Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Alumni PMII Pasuruan yang hadir dalam Zoom dan peserta secara virtual.


Editor: Romza

F1 Promosi Iklan