• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Pantura

Maarif NU Banyuwangi Teken Kerja Sama dengan BP Jamsostek

Maarif NU Banyuwangi Teken Kerja Sama dengan BP Jamsostek
PC LP Maarif NU Banyuwangi dan BP Jamsostek usai penandatanganan kerja sama. (Foto: NOJ/RB)
PC LP Maarif NU Banyuwangi dan BP Jamsostek usai penandatanganan kerja sama. (Foto: NOJ/RB)

Banyuwangi, NU Online Jatim
Terobosan baru dilakukan Lembaga Pendidikan (LP) Maarif Nahdlatul Ulama Banyuwangi. Dengan menggandeng BP Jamsostek melakukan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan dalam menghadapi new normal.

 

“Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat diperlukan bagi seluruh anggota LP Ma’arif NU Banyuwangi agar memiliki rasa aman dan nyaman dalam bekerja. Karena risiko itu bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja,” kata Zaki al-Mubarok, Rabu (8/7).

 

Ketua PC LP Maarif NU Banyuwangi tersebut menjelaskan hingga kini tercatat sekitar 600 lembaga pendidikan di bawah koordinasi Maarif NU.

 

“Jumlah tenaga pengajar mencapai 5000an tenaga kerja," ungkap Gus Zaki, sapaan akrabnya.

 

Menurutnya, untuk meningkatkan kesejahteraan di bidang ketenagakerjaan, anggotanya akan dilindungi oleh BPJamsostek Banyuwangi pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

 

Ini sesuai dengan upaya implementasi UU No 40 Tahun 2004 dan UU No 24 Tahun 2011 yang berbunyi 'Pemberi Kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta'.

 

Kepala BPJamsostek Banyuwangi Iman S Achwan menyebutkan bahwa risiko sosial kepada pekerja itu bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. 

 

“Risiko orang sebagai pekerja formal maupun pekerja informal tidak terlepas dari kecelakaan kerja dan risiko dari kehidupan setiap individu adalah meninggal dunia,” katanya. 

 

Melalui momentum tersebut, Iman menyampaikan perlindungan dasar bagi pekerja dengan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). 

 

“Penting adanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja sebagai anggota di lingkungan LP Maarif NU Banyuwangi untuk memberikan rasa aman dan nyaman,” tegasnya.

 

Melalui penandatanganan ini, BPJamsostek Banyuwangi dan PC LP Maarif NU Banyuwangi bersama menjalankan tugas dan fungsi untuk memberikan perlindungan dan meningkatkan kepesertaan dalam pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Banyuwangi.

 

Pada penandatanganan ini hadir sejumlah jajaran pengurus dari PC LP Maarif NU Banyuwangi. Sedangkan dari BP Jamsostek tampak Kepala BP Jamsostek Banyuwangi, Iman S Achwan, Kepala Bidang Kepesertaan, Andri Yustian Nugraha beserta perwakilan tim kepesertaan Gieka Wiranuangga. 

 

Diambil dari: https://www.timesjatim.com/berita/135868/hadapi-new-normal-lp-ma039arif-nu-banyuwangi-mou-dengan-bp-jamsostek

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Pantura Terbaru