Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Menengok Serunya Jumat Bersih Ala Relawan NU Bojonegoro

Menengok Serunya Jumat Bersih Ala Relawan NU Bojonegoro
Kegiatan Jumat bersih relawan NU Bojonegoro. (Foto: NOJ/MA)
Kegiatan Jumat bersih relawan NU Bojonegoro. (Foto: NOJ/MA)

Bojonegoro, NU Online Jatim
Setelah beberapa hari waktu habis untuk berkutat pada bencana untuk meringankan korban terdampak, pagi ini Jumat (19/02/2021) para relawan NU mengadakan Jumat bersih. Jumat bersih dilaksanakan di Kantor Pengurus Cabang Nahdhlatul Ulama (PCNU) Bojonegoro Jalan Ahmad Yani. 

 

Dimulai pukul 06.37 WIB, sekitar 20 relawan diberi pengarahan terkait tugas masing-masing. Setelah itu mereka menyebar mengambil alat yang dibawa dari rumah masing-masing. Celetukan bercanda khas warga NU kadang keluar dari obrolan ringan mereka. Nampak asyik walau tetap konsentrasi pada tugasnya. 

 

Terlihat ada yang menyabit rumput yang liar, ada yang menyapu, membersihkan, dan mengangkut ke bak sampah. Ada pula yang sibuk dengan merapikan pohon. Semuanya berjalan asyik dan terus bergerak. 

 

Relawan tersebut terdiri dari Banser Husada (Basada) Bojonegoro, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Bojonegoro, Detasemen Wanita Serbaguna (Denwatser), Banser Satuan Koordinator Rayon (Satkoryon) Balen, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) LPBI NU Bojonegoro. Semua nampak sangat menikmati betul suasana Jum'at Bersih di Kantor PC NU itu. 

 

Pada kegiatan ini relawan NU menyasar halaman kantor PCNU dan komplek MTs Ma'arif Bojonegoro. Tepat pada pukul 09.17 WIB mereka istirahat untuk makan makanan yang dibawa dari rumah masing-masing. 

 

"Sebenarnya sudah lama ingin mengadakan kegiatan seperti ini, karena kantor ini adalah kantor kita tempat berjuang bersama," kata Sofan Solikin, Ketua Basada Bojonegoro. 

 

Dirinya mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut baru terlaksana karena sebelumnya sibuk dengan membantu korban bencana alam.

 

"Karena selama ini sibuk di wilayah bencana dan kegiatan di rumah sendiri," tambah Sofan yang juga berprofesi sebagai dokter itu.

 

Sementara itu, Hamam Ash-Shulthon, koordinator Relawan NU Bojonegoro mengatakan jika kegiatan ini akan dilakukan secara berkala.

 

“Kegiatan seperti ini insyaallah akan kita laksanakan satu bulan sekali. Selain untuk Jumat bersih sekaligus mengevaluasi kegiatan yang sudah dilakukan,” ungkapnya.

 

Penulis: Miftahul Anam

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim