Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pergunu Turut Ringankan Derita Korban Gempa di Malang Melalui Bantuan

Pergunu Turut Ringankan Derita Korban Gempa di Malang Melalui Bantuan
KH Asep Syaifuddin Ketua PP Pergunu saat memberikan bantuan kepada korban gempa bumi di Malang. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah).
KH Asep Syaifuddin Ketua PP Pergunu saat memberikan bantuan kepada korban gempa bumi di Malang. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah).

Malang, NU Online Jatim

Bencana gempa bumi yang menimpa wilayah Malang dan sekitarnya beberapa hari yang lalu menyita perhatian banyak pihak. Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) ikut andil dalam aksi penyaluran bantuan bagi para korban pada Kamis (15/04/2021) sore hingga malam.

 

Dalam kesempatan tersebut, hadir para tokoh dari Pergunu di antaranya KH Asep Syaifudin Chalim selaku Ketua Pimpinan Pusat (PP) Pergunu, Gus Muhammad Al Barra Wakil Bupati Mojokerto,  H Sururi Ketua Pimpinan Wilyah (PW) Pergunu Jawa Timur serta  Asnan Al Qodri Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pergunu Kabupaten Malang dan turut hadir pula anggota Muslimat NU , Fatayat NU, Banser, perangkat desa dan masyarakat.

 

Menurut Moch Miftahur Rizky, salah satu kader NU Kabupaten Malang yang turut mengikuti penyerahan donasi, terdapat tiga tempat target penyaluran donasi.

 

“Tiga titik yang dijadikan target penerima bantuan dari Pergunu, di antaranya kawasan Dampit, Tirtoyudo, dan Ampelgading, Kabupaten Malang. Kami kawal semua tiga tempat itu dari awal sampai akhir bersama para pimpinan Pergunu,” jelasnya.

 

Sementara itu, selama momen penyaluran bantuan, para pimpinan Pergunu berbaur dengan masyarakat terdampak gempa di dalam sebuah tenda secara bergantian di tiga lokasi berbeda sembari menyapa para korban.

 

Dalam sambutannya, Asnan Al Qadri menyampaikan kepedulian Pergunu kepada para korban. “Donasi dari Pergunu berupa kebutuhan logistik seperti beras, mie instan, sarung, dan uang. Semoga manfaat dan menjadi bentuk kepedulian kepada sesama,” tutur Asnan.

 

Gempa dengan kekuatan 6.1 Skala Richter (SR) beberapa hari lalu menyebabkan korban jiwa, dan tak sedikit pula menimbulkan kerusakan ribuan rumah di Kabupaten Malang. Beberapa warga terpaksa tinggal di pengungsian untuk sementara waktu.

 

 

Terkait hal tersebut, Asnan mengaku turut prihatin serta berusaha menguatkan para korban. “Giat ini menjadi media silaturrahmi, bisa berbagi dengan masyarakat yang terkena musibah, kita yakin Allah memberikan cobaan kepada hambanya pasti ada hikmahnya,” pungkas Asnan.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim