Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Rijalul Ansor Pamekasan Sosialisasikan Pemahaman seputar Zakat Fitrah

Rijalul Ansor Pamekasan Sosialisasikan Pemahaman seputar Zakat Fitrah
KHR Hamid Amdjad Hasan Djauhari menjelaskan seputar zakat fitrah. (Foto: NOJ/Badrut T)
KHR Hamid Amdjad Hasan Djauhari menjelaskan seputar zakat fitrah. (Foto: NOJ/Badrut T)

Pamekasan, NU Online Jatim

Sejumlah terobosan dilakukan Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Pamekasan usai dilantik. Kali ini dengan menggelar ngaji bersama masyarakat membahas zakat fitrah yang dipusatkan di Masjid Agung Asy-Syuhada Gladak Anyar, Barurambat Kota, Pamekasan, Senin (03/05/2021). 

 

Kajian bertemakan ‘Zakat Fitrah, Salah Kaprah’ itu guna meluruskan pemahaman tentang kewajiban dan tata cara membayar zakat fitrah dengan benar.

 

Faqih Zamani selaku Sekretaris PC MDS Rijalul Ansor Pamekasan mengaku menjalin kerja sama dengan beberapa masjid. Hal tersebut dibutuhkan agar keberadaan dai menjadi benteng NU dan menebar ceramah agama yang santun dan ramah. 

 

"Termasuk agenda kajian zakat fitrah hari ini, kami sebelumnya sudah bertemu dan koordinasi langsung dengan ketua takmir masjid Asy-Syuhada beserta bidang dakwahnya untuk menentukan dai yang direkomendasikan," katanya.

 

Sementara itu, hadir sebagai penyaji KHR Hamid Amdjad Hasan Djauhari selaku pengurus MDS Rijalul Ansor bidang dakwah. Menurutnya, masih terdapat kesalahpahaman masyarakat mengenai pembagian zakat kepada mustahik atau penerima zakat. 

 

" Zakat fitrah itu utamanya diberikan kepada orang fakir dan miskin yang shalih dan beriman, jangan diberikan kepada orang miskin tapi tidak shalat,” katanya.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hasan Tengginah ini juga berharap kepada pemerintah dan ulama bersatu menyelesiakan persoalan zakat fitrah agar tepat sasaran. 

 

"Jika zakat ini terkoordinir antara pemangku jabatan dengan para ulama setempat, saya yakin masyarakat di Pamekasan tidak ada lagi yang kekurangan atau fakir. Belum lagi zakat mal atau harta,” tegasnya.

 

Editor: Syaifullah

Foto : Ra Jamid Amjad saat mengisi kajian zakat fitrah

 


Editor:
F1 Bank Jatim