Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Siswa SMPN se Pasuruan Diajari Aswaja, Islam, dan Wasbang

Siswa SMPN se Pasuruan Diajari Aswaja, Islam, dan Wasbang
Pesantren Ramadlan SMP Negeri se Pasuruan. (Foto: NOJ/MS)
Pesantren Ramadlan SMP Negeri se Pasuruan. (Foto: NOJ/MS)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan dan Bangil bersama Dinas Pendidikan menggelar Pesantren Ramadlan untuk kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se Kabupaten Pasuruan secara serentak, Rabu dan Kamis (28-29/4/2021).

 

Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Ahmad Farid, menjelaskan bahwa kegiatan itu untuk memperkuat pendidikan akhlak serta karakter kebangsaan dan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyyah.

 

"Tim PCNU mengisi materi Aswaja An-Nahdliyyah serta Islam dan Wawasan Kebangsaa," ujarnya kepada NU Online Jatim, Kamis (28/04/2021).

 

Kaitannya dengan materi Islam dan Wawasan Kebangsaan, papar Farid, berfokus pada pelurusan sejarah Wali Songo yang bersumber dari Buku Atlas Wali Songo yang ditulis oleh Almaghfurlah KH Agus Sunyoto.

 

"Juga penegasan hubungan Islam dengan Pancasila sesuai Munas Alim Ulama NU 1983," imbuh penangungjawab kegiatan Pesantren Ramadlan itu.

 

Selain itu, Gus Farid, sapaan akrabnya, menyatakan materi yang diberikan kepada siswa peserta pesantren Ramadlan juga berisi tentang informasi seputar website keagamaan yang bisa dijadikan rujukan. Seperti nu.or.id, alif.id, arrahim.id, dan lain-lain.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan