• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 19 Mei 2024

Tapal Kuda

1 ABAD NU

1 Abad NU, Pemkab dan PCNU Dirikan Dapur Umum bagi Jamaah Situbondo

1 Abad NU, Pemkab dan PCNU Dirikan Dapur Umum bagi Jamaah Situbondo
KH Ahmad Hanif Makki (kiri) saat meninjau kesiapan dapur umum Pemerintah Kabupaten Situbondo. (Foto: NOJ/Ist)
KH Ahmad Hanif Makki (kiri) saat meninjau kesiapan dapur umum Pemerintah Kabupaten Situbondo. (Foto: NOJ/Ist)

Situbondo, NU Online Jatim

Euforia peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Delta Sidoarjo 07 Februari 2023 sangatlah tinggi dan akan di hadiri oleh jutaan manusia. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo mendirikan Pos Pelayanan dan Dapur Umum untuk jamaah dari Kabupaten Situbondo.


Salah Satu Koordinator Jamaah Situbondo, KH Ahmad Hanif Makki mengatakan, dapur umum dan pos pelayanan ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman kepada para jamaah Situbondo.


"Kami terus berupaya untuk meningkatkan dan memberi rasa nyaman kepada masyarakat Situbondo yang hadir ke GOR Delta Sidoarjo, dan setelah kami berkordinasi dengan bupati alhamdulilah berdirilah dapur umum dan pos ini," ujarnya kepada NU Online Jatim, Senin (06/02/2023).


Dirinya melaporkan, jika persiapan tim Situbondo di lapangan sudah 95 persen dan siap menyambut kedatangan para jamaah dari Situbondo. Pihaknya sudah mulai 3 hari yang lalu untuk mempersiapkan ini semua, ada beberapa pihak yang terlibat di dalamnya, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan beberapa pihak lainnya.


“Kami sudah siap melayani para jamaah Situbondo," tegas alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri tersebut.


Sementara itu, di tempat yang berbeda, Bupati Situbondo, H Karna Suswandi menerangkan akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Situbondo yang akan mengikuti Resepsi Puncak 1 Abad NU.


"Kami Pemkab Situbondo akan terus membantu PCNU Situbondo dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat yang akan hadir di Sidoarjo," ujarnya.


Dirinya mendirikan dapur umum karena kebutuhan mendesak para jamaah adalah bagian logistik terutama makanan dan minuman, selain itu ada juga pelayanan kesehatan. Ia berpesan kepada warga Nahdliyin Situbondo yang akan hadir ke Gelora Delta Sidoarjo untuk menjaga ketertiban dan keamanan barang milik pribadi.


"Saya titip kepada masyarakat yang akan hadir tolong jaga kebersihan di sekitar lokasi, ketertiban saat acara. Tunjukkan bahwa Situbondo adalah tamu yang baik, kita membawa nama besar," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru