• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Kediri Raya

Berkat Tekun, Elyysia Siswi Madrasah Ibtidaiyah di Blitar Sabet Juara KSM

Berkat Tekun, Elyysia Siswi Madrasah Ibtidaiyah di Blitar Sabet Juara KSM
Ucapan selamat. (Foto: NOJ/Ika)
Ucapan selamat. (Foto: NOJ/Ika)

Blitar, NU Online Jatim

Shafira Annisa Elyysia, Siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nuur, Kelurahan Kalipang, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar berhasil menyabet juara 2 dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten.

Siswi kelahiran Blitar, 30 Juni 2012 silam memang sudah minat dalam dunia matematika sejak mengenyam Pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK). Ia mengasah minatnya dengan mengikuti les tambahan khusus mata pelajaran matematika.

“Karena ini pengalaman pertama untuk Elyysia, tentunya ia bahagia bisa mengikuti lomba KSM ini, karena ian mendapat pengalaman baru dan dapat mengenal serta belajar bersama teman baru dari sekolah lain,” ungkap Wiji Tri Lestariningsih, Ibunda Elyysia, Jumat (19/08/2022).

Dirinya mengungkapkan, awalnya putrinya merasa terpaksa mengikuti ajang ini karena ditunjuk oleh pihak sekolah. Namun karena sudah menjadi tanggung jawab, Elyysia berusaha semaksimal mungkin dengan tekun belajar.

“Sebenarnya Ellysia kurang percaya diri dan kurang yakin dengan kemampuannya, namun sebagai orang tua kami berusaha meyakinkan bahwa kesungguhan akan memberikan hasil yang terbaik,” katanya.

Lestari juga menerangkan, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal ini. Apalagi perlu membimbing buah hati untuk penguatan mental dan meyakinkan agar mereka mampu melampaui proses belajar dengan baik.

“Selain itu, orang tua juga harus berkomitmen untuk selalu mendampingi mereka sekaligus memenuhi segala kebutuhannya, agar mereka nyaman serta lebih semangat dalam menikmati proses,” ungkapnya.

Ia juga selalu memberikan motivasi kepada putrinya agar terus meningkatkan kompetensi dengan tekun belajar dan menanamkan sifat ikhlas sejak dini.

“Jadi, apapun hasilnya nanti, Ellysia mampu menerima dengan ‘legowo’ yang terpenting sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik,” pungkasnya.

Ibunda Ellysia berharap agar siswa dan siswi MI An-Nuur juga dapat mengikuti jejak langkah sang putri untuk mengharumkan nama baik sekolah dan membanggakan kedua orang tua.

Diketahui, Juara 1,2 dan 3 tingkat kabupaten berhak mengikuti KSM tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada 10-11 September 2022 mendatang.


Kediri Raya Terbaru