• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Matraman

Ratusan Utusan se-Nusantara Hadiri Munas IV Alumni Pesantren Tambakberas

Ratusan Utusan se-Nusantara Hadiri Munas IV Alumni Pesantren Tambakberas
Pelaksanaan Munas IV IKABU Tambakberas, Jombang. (Foto: NOJ/AM)
Pelaksanaan Munas IV IKABU Tambakberas, Jombang. (Foto: NOJ/AM)

Jombang, NU Online Jatim
Ikatan Keluarga Alumni Bahrul Ulum (IKABU) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) IV. Kegiatan dilaksanakan di gedung II Madrasah Muallimin Muallimat 6, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Sabtu (25/06/2022) . Kegiatan bertajuk ‘Kiprah Santri untuk Peradaban Dunia’ ini diikuti setidaknya ratusan orang yang merupakan utusan dari 26 IKABU cabang se-Indonesia.


Ketua Umum IKABU Pusat, KH Taufiq Abdul Jalil mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak. Khususnya jajaran Majelis Pengasuh dan Pengurus Yayasan Ponpes Bahrul Ulum yang telah memberikan bimbingan, masukan dan saran kepada pengurus pusat sehingga dapat mengadakan Munas.


“Juga kepada para peserta yang berdatangan sejak mulai tanggal 24 Juni 2022. Sudah kami siapkan tempatnya di sini,tapi mungkin ada yang nyaman menurut versinya masing-masing,” katanya. 


Dirinya membentuk panitia ini satu bulan yang lalu dalam forum persiapan Munas yang pertama persis pada bulan yang lalu tanggal 25 Mei. 


“Dan kami tidak membayangkan bahwa Munas seheboh ini, karena pemikiran kita pada saat rapat itu hanya sederhana,” terangnya.


Sementara Ketua Yayasan Bahrul Ulum, KH Wafiyul Ahdi mengatakan, 15 tahun IKABU berdiri dan mempunyai 26 cabang d seluruh Indonesia. Ini akan menjadi syiar pesantren dan masyarakat. Dirinya sangat mendukung dan mensupport kegiatan IKABU di manapun.


“Kita dirikan kegiatan rutin agar alumni Bahrul Ulum memiliki labelling, sehingga ketika berkhidmah di masyarakat melakukan pemberdayaan dan justru akan tampak lebih mudah,” ungkapnya.


Dirinya berharap dengan terselenggaranya Munas IV IKABU, alumni dari Tambakberas semakin solid dalam menjalankan misi dakwa di daerah masing-masing. Demikian pula para alumni bisa menjadi pembeda dan mampu mewarnai dakwah di era gempuran teknologi seperti era saat ini.


Senada dengan itu, Ketua Umum Forum Mahasiswa Bahrul Ulum (Formabu), Abdullah Muwaffaq menambahkan tujuan diselenggarakannya acara ini. Yakni meningkatkan peran serta alumni terhadap pengembangan Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang di bumi Nusantara. 


“Kedua, dapat mensinergikan pergerakan dakwah alumni melalui penyelarasan visi dan misi alumni secara nasional,” urainya. 


Sedangkan tujuan ketiga, menjalin silaturrahim dan mengokohkan ukhuwah antaralumni. Keempat, melakukan evaluasi kinerja pengurus IKABU masa jabatan 2016-2021. Terakhir membentuk susunan kepengurusan 2022-2027.


Selama kegiatan diisi dengan acara ziarah muassis Bahrul Ulum, bakti sosial, dan bazar buku penerbit di lingkungan Bahrul Ulum.


Tampak hadir Bupati Jombang Nyai Hj Munjidah Wahab, Ketua Majelis Pengasuh KH Moh Hasib Abdul Wahab, Wakil Ketua Majelis KH Sholahul Am Notobuwono, dan Ketua Umum IKABU Pusat, H Taufiq Djalil.


Editor:

Matraman Terbaru